Analisis Prospek Pemasaran Produk Obat Sakit Kepala Dengan Kemasan Baru

Winta, Rigo Hartono (2000) Analisis Prospek Pemasaran Produk Obat Sakit Kepala Dengan Kemasan Baru. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/136639

Abstract

PT. X merupakan perusahaan yang memproduksi obat sakit kepala yang mempertimbangkan untuk mengganti sistem pengemasan manual dengan sistem otomatis untuk menghemat biaya produksi. Di dalam penggantian sistem kemasan, perusahaan menemui permasalahan dalam menentukan prospek dari kemasan baru tersebut. Apabila kemasan baru menunjukkan prospek yang tidak bagus, maka perusahaan akan mengalami kerugian bila tetap melaksanakan penggantian kemasan. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu penelitian untuk mengetahui bagaimana reaksi konsumen terhadap kemasan baru serta menyusun suatu strategi agar kemasan baru dapat diterima oleh konsumen. Penelitian secara umum bertujuan untuk mengetahui bagaimana prospek dari penggantian kemasan lama menjadi kemasan baru. Penelitian dilakukan dengan membandingkan faktor-faktor perbedaan yang terdapat pada kemasan lama dan kemasan baru. Faktor tersebut antara lain dari proses produksi kedua jenis kemasan tersebut untuk dilakukan perbandingan dari segi biaya dan waktu. Selain itujuga terdapat faktor persepsi dari konsumen terhadap kedua kemasan tersebut. Persepsi ini diketahui dengan jalan melakukan penyebaran kuesioner kepada para konsumen yang mengkonsumsi obat tersebut. Setelah kuesioner dinyatakan valid dan reliabel sebagai alat ukur, kemudian dilakukan pengolahan lebih lanjut sebagai dasar untuk menentukan strategi dari pemasaran produk obat dengan kemasan baru. Dari faktor biaya dan waktu, dapat dilihat bahwa kemasan baru lebih efisien daripada kemasan lama. Sedangkan menurut konsumen, kemasan baru dinilai lebih rapi, bagus dan menarik daripada kemasan lama Namun isi dan kemanjuran dari kemasan baru dinilai berkurang. Oleh karena itu, perusahaan harus membuat suatu strategi agar kemasan baru dapat diterima oleh konsumen. Strategi tersebut dapat dilakukan dengan meningkatkan kualitas obat serta memberikan pengertian kepada para konsumen bahwa obat dalam kemasan baru ataupun lama adalah sama dan isinya juga sama banyakuya. Dengan strategi tersebut, maka diharapkan dapat memperbaiki pendapat yang salah tentang perbedaan isi dan kemanjuran obat tersebut dan dapat meningkatkan prospek kemasan baru.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 14 Dec 2013 02:35
Last Modified: 14 Dec 2013 02:35
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/5788

Actions (login required)

View Item View Item