Sistem kompensasi sebagai pendukung manajemen key success factor dalam perusahaan asuransi X di Surabaya

Tendean, Cindy (2003) Sistem kompensasi sebagai pendukung manajemen key success factor dalam perusahaan asuransi X di Surabaya. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/153190

Abstract

Asuransi telah ada di Indonesia sejak kurang lebih satu setengah abad yang lalu. Pada saat ini, masyarakat semakin memahami pentingnya memiliki asuransi. Dengan semakin meningkatnya minat berasuransi di Indonesia, maka perusahaan asuransi di negara kita juga semakin banyak dengan produk yang juga semakin beraneka ragam. Saat ini sebagaimana yang telah kita ketahui, produk asuransi kian beragam, tidak hanya asuransi jiwa saja, dan produk-produk tersebut dikemas secara menarik. Oleh karena itu dari sini dapat kita lihat semakin ketatnya persaingan yang terjadi dalam industri asuransi, karena semakin banyaknya perusahaan asuransi di Indonesia ini. Semakin banyaknya perusahaan asuransi di Indonesia itu menyebabkan semakin ketatnya persaingan dalam industri tersebut. Oleh karena itu saat ini dirasakan semakin pentingnya manajemen key success factor dalam perusahaan asuransi, agar perusahaan mampu menciptakan strategi bersaing yang tepat untuk mencapai tujuan jangka pendek dan jangka panjang. Selain itu di dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat, maka pihak manajemen tentunya perlu memperhatikan kepuasan para agen penjualan mereka terhadap kompensasi yang diberikan kepada para agen tersebut, karena para agen inilah yang menjadi tonggak keberhasilan utama sebuah perusahaan asuransi. Untuk itu maka dalam penulisan skripsi ini akan analisis faktor-faktor yang dapat mendukung dalam manajemen key success factor tersebut dalam Perusahaan Asuransi "X". Salah satunya adalah pemberian kompensasi, yaitu dalam bentuk insentif bagi para agen penjualannya. Hal ini dikarenakan pemberian insentif yang dapat memuaskan para agen, maka mereka akan lebih termotivasi dalam menawarkan produk-produk asuransi yang ada kepada masyarakat. Oleh karena itu dalam penulisan ini perlu dilakukan identifikasi terhadap key success factor Perusahaan Asuransi "X", kemudian juga perlu dilihat kepuasan para agen penjualan terhadap kompensasi yang diberikan kepada mereka, dan dengan demikian, maka nantinya akan dapat dilihat apakah sistem kompensasi yang diterapkan dalam Perusahaan Asuransi "X" ini sudah mendukung manajemen key success factor mereka. Dengan melakukan wawancara terhadap para agen tersebut, maka akan dapat diketahui sejauh mana para agen tersebut merasa puas terhadap kompensasi yang diberikan kepada mereka. Dari hasil wawancara diketahui bahwa ternyata sistem kompensasi yang diterapkan dalam Perusahaan Asuransi "X" ini sudah efektif, karena sudah dirasakan memuaskan oleh para agennya, sehingga para agen tersebut sudah merasa termotivasi oleh sistem kompensasi tersebut dalam melakukan penjualan. Selain itu kondisi kerja yang terdapat dalam Perusahaan Asuransi "X" juga dirasakan mendukung oleh para agennya, sehingga hal ini juga membuat mereka termotivasi dalam bekerja. Sehingga dapat dikatakan bahwa sistem kompensasi yang terdapat dalam Perusahaan Asuransi "X" ini telah dapat mendukung manajemen key success factor dari Perusahaan Asuransi "X".

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 14 Dec 2013 02:28
Last Modified: 14 Dec 2013 02:28
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/5817

Actions (login required)

View Item View Item