Hubungan Antara Persepsi Terhadap Kepemimpinan Kepala Sekolah dengan Motivasi Kerja Guru

Kurniasari, Ratna (2001) Hubungan Antara Persepsi Terhadap Kepemimpinan Kepala Sekolah dengan Motivasi Kerja Guru. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/152049

Abstract

Keberadaan guru dalam suatu lembaga sekolah sangat penting dalam proses belajar mengajar, Namun kenyataannya kondisi kerja guru di setiap sekolah tidak sama. Hal ini disebabkan bahwa persepsi masing-masing guru terhadap kepemimpinan kepala sekolahnya berbeda-beda. Guru yang memandang kepala sekolahnya kurang visioner, penampilannya kurang simpatik, program-program kerjanya tidak terarah, tabiatnya kurang disukai, tidak akrab dengan bawahan, dan suka marah-marah dapat menimbulkan keluhan-keluhan dari individu guru yang pada akibitnya dapat menurunkan semangat dan motivasi guru dalam melaksanakan tugasnya secara optimal. Akan tetapi jika kepala sekolah adalah orang yang menyenangkan, maka persepsi guru akan positif dan akan terjalin kerjasama yang baik. sehingga guru menjadi lebih semangat dalam melaksanakan tugasnya. Oleh karena itu untuk melibat adanya huhungan antara persepsi terhadap kepemimpinan kepala sekolah dengan motivasi kerja guru perlu dilakukan suatu penelitian. Motivasi kerja guru adalah sesuatu yang menimbulkan semangat atau dorongan kerja pada individu guru. Persepsi terhadap kepemimpinan kepala sekolah adalah tanggapan guru tentang sifat-sifat dan keterampilan kepala sekolahnya yang dapat mempengaruhi atau menimbulkan perilaku yang positif maupun negatif dalam diri individu guru. Subyek penelitian ini adalah 98 guru dari 3 Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) di Mojokerto. Variabel motivasi kerja guru diukur dengan menggunakan angket. Demikian pula dengan variabel persepsi terhadap kepemimpinan kepala sekolah yang diukur dengan menggunakan angket. Data tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis statistik product moment pearson. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang sangat signifikan antara persepsi terhadap kepemimpinan kepala sekolab dengan motivasi kerja guru (rxy = 0,579 ; p =0,000). Saran bagi kepala sekolah adalah agar kepala sekolah mengetahui bahwa persepsi guru terhadap kepemimpinan kepala sekolah memiliki pengaruh yang besar terhadap motivasi kerja guru, sehingga diharapkan kepala sekolah dapat mempertahankan dengan cara meningkatkan kualitas keterampilannya. Disamping itu kepala sekolah sebaiknya lebih memberikan tantangan tugas agar guru menjadi tangguh dan terlatih dalam menghadapi permasalahan yang lebih komplek sehingga tidak mudah putus asa dengan melihat bahwa hasil penelitian terdapat sekitar 30% subyek penelitian memiliki tuleransi yang rendah terhadap frustrasi. Saran bagi penelitian selanjutuya adalah perlunya melihat lebih dalam faktor-faktor lain yang mempengaruhi motivasi kerja guru diantaranya iklim kerja atau suasana kerja dan penghargaan atas prestasi yang dicapai guru.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 13 Dec 2013 11:54
Last Modified: 13 Dec 2013 11:54
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/5822

Actions (login required)

View Item View Item