Evaluasi Keberhasilan Iklan Melalui Image Artis.

., Linda (2001) Evaluasi Keberhasilan Iklan Melalui Image Artis. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/136473

Abstract

Pada masa sekarang ini, persaingan bisnis antar produsen/ pemasar sangat ketat. Berbagai cara dilakukan agar dapat teruss bersaing, salah satunya adalah dengan mengiklankan produk mereka di televisi, dengan harapan produk mereka dapat lebih dikenal dan diingat masyarakat. Penggunaan artis yang sedang populer sebagai bintang iklan dilakukan pemasar dengan harapan masyarakat mengingat produk bahkan meniru perilaku berkonsumsi artis tersebut. Suatu iklan yang berhasil dapat diukur dengan tes daya ingat terhadap iklan tersebut. Permasalahan yang timbul adalah apakah image produk cocok dengan image/karakter artis. Harapan produsen agar iklan produk mereka bisa diingat masyarakat melalui artis sebagai bintang iklannya apakah bisa dipenuhi. Artis yang dievaluasi dipilih berdasarkan artis yang paling populer saat ini menurut pendapat masyarakat. Penelitian dilakukan pada Agustus 2000. Artis yang dievaluasi ada 10 artis pria dan 10 artis wanita terpopuler. Jumlah iklan yang dievaluasi dipilih dari artis-artis tersebut yang masih ditayangkan pada Agustus 2000, yaitu sebanyak 36 iklan produk. Kuesioner terdiri dari 3 bagian, yaitu demografi responden, uji daya ingat terhadap iklan produk dan alasannya, dan image artis. Dari pengolahan dan analisis data diperoleh hasil yaitu : sebanyak 25 iklan berhasil diingat dan 11 iklan tidak berhasil diingat Dari 25 iklan yang berhasil diingat, sebanyak 20 iklan berhasil diingat karena artisnya. Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian ini adalah bahwa ada pengaruh artis pada iklan agar masyarakat bisa mengingatnya Tetapi penggunaan jingle/slogan yang bagus juga perlu dipertimbangkan Beberapa iklan yang berhasil diingat karena artisnya hanya memanfaatkan kepopuleran artis saja.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Karyono
Date Deposited: 28 Oct 2013 10:07
Last Modified: 28 Oct 2013 10:07
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/5929

Actions (login required)

View Item View Item