Novianti, Tituk (2003) Hubungan antara minat belajar dengan sikap terhadap pekerjaan rumah pada siswa kelas 5 SDN Jember Lor 4 di Jember. [Undergraduate thesis]
Full text not available from this repository. (Request a copy)Abstract
Minat belajar sangat penting dimiliki oleh siswa sebagai subyek yang belajar untuk bersikap positif terhadap pemberian PR. Dalam menerima PR, setiap siswa secara nyata mempunyai sikap yang berbeda-beda satu sama lain. Ada sebagian siswa yang mempunyai sikap positif terhadap PR dan ada sebagian siswa yang mempunyai sikap negatif terhadap PR. Sikap siswa terhadap PR tidak terlepas dari minat belajar yang dimiliki oleh siswa. Jika siswa mempunyai minat dalam belajar, maka siswa akan memberikan sikap yang positif terhadap pemberian PR dari guru. Berdasarkan uraian di atas maka perlu adanya suatu penelitian guna melihat hubungan antara minat belajar dengan sikap terhadap PR. Sikap terhadap PR adalah suatu pandangan, perasaan dan kecenderungan untuk bertindak terhadap aktivitas mengerjakan PR dengan cara tertentu. Sedangkan minat belajar adalah suatu rasa lebih suka dan rasa keterikatan pada suatu hal atau aktivitas belajar, tanpa ada yang menyuruh. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Jember Lor 4 di Jember, sebanyak 45 siswa. Metode pengumpulan datanya dengan menggunakan angket tertutup dan angket terbuka. Hasil analisis data dengan menggunakan Teknik Korelasi Product Moment Pearson, menunjukkan bahwa ada hubungan yang sangat signifikan antara minat belajar dengan sikap terhadap pekerjaan rumah (r = 0,407 dan p < 0,01 ) Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa semakin positif minat siswa dalam belajar maka sikap siswa terhadap PR semakin positif pula. Hal ini dapat dijelaskan bahwa siswa yang memiliki minat dalam belajar dapat memunculkan sikap positif terhadap PR. Namun di sisi lain, ada beberapa subyek yang kurang memiliki minat dalam belajar sehingga subyek memberikan sikap negatif terhadap hadirnya PR. Dari hasil penelitian yang diperoleh, peneliti menyarankan agar siswa menyadari bahwa PR sebagai kegiatan belajar di rumah sangat bermanfaat dalam menambah ilmu pengetahuan dan dapat membantu siswa mengingat kembali materi pelajaran yang telah diterangkan oleh guru. Bagi peneliti selanjutnya perlu melihat lebih dalam faktor-faktor lain yang mempengaruhi sikap siswa terhadap PR diantaranya adalah jenis PR, tenggang waktu penyelesaian PR, tingkat kesulitan PR dan pendamping belajar.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | Eko Wahyudi 197013 |
Date Deposited: | 13 Dec 2013 11:02 |
Last Modified: | 13 Dec 2013 11:02 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/5973 |
Actions (login required)
View Item |