Tedjo, Sherly Oktavia (2003) Profil academic advising di Universitas Surabaya. [Undergraduate thesis]
Full text not available from this repository. (Request a copy)Abstract
Academic advising dapat mengembangkan pola belajar student - centered learning. Akan tetapi berdasarkan survey awal, layanan academic advising kurang dimanfaatkan oleh mahasiswa. Berdasarkan teori Crookston (1972, 1994) dan Appleby (2001), academic advising mempunyai 29 dimensi prescriptive advising yang berlawanan dengan 29 dimensi developmental advising. Bila dilihat menurut dimensi Crookston (1972, 1994) layanan advising di Universitas Surabaya cenderung prescriptive. Penelitian dilakukan untuk mengetahui profil academic advising berdasarkan proses advising dan kebutuhan mahasiswa akan bimbingan. Jenis penelitian adalah kuantitatif - deskriptif dengan angket dan wawancara sebagai metode pengambilan data. Sampel penelitian adalah 17 advisor dan 5% dari total mahasiswa fakultas Farmasi, Hukum, Ekonomi, Psikologi, dan Teknik angkatan 2000/2001 hingga 2002/2003. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses academic advising di Universitas Surabaya mengarah pada developmental advising, sehingga dapat menunjang pola belajar student-centered learning dan sesuai dengan tahapan perkembangan mahasiswa. Persentase terbesar kebutuhan mahasiswa akan bimbingan terletak pada permasalahan pengenalan diri. Saran penelitian adalah meningkatkan layanan advising sesuai dengan kebutuhan mahasiswa per fakultas.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | Eko Wahyudi 197013 |
Date Deposited: | 13 Dec 2013 10:59 |
Last Modified: | 13 Dec 2013 10:59 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/5979 |
Actions (login required)
View Item |