Efektivitas pelatihan strategi membaca SQ3R terhadap pemahaman bacaan pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Surabaya

Purgawaty, Meliana (2003) Efektivitas pelatihan strategi membaca SQ3R terhadap pemahaman bacaan pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Surabaya. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/152046

Abstract

Membaca merupakan kebutuhan utama bagi mahasiswa Membaca mempunyai peranan penting dalam proses pendidikan, yaitu mengembangkan wawasan, pengetahuan serta penalaran. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan membaca sangat besar pengaruhnya terhadap keberhasilan mahasiswa dalam belajar (Hutabarat, 1988). Selain itu, dengan aktif membaca dapat mempengaruhi penyelesaian tugas yang diberikan dalam proses perkuliahan. Berdasarkan survey awal yang telah dilakukan peneliti, ada beberapa mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam membaca yaitu dalam menggabungkan kalimat satu dengan yang lain, bahasa yang sulit dimengerti, mengerti kata-kata rumit serta dalam menangkap inti bacaan. Untuk mempermudah mahasiswa membaca maka ditawarkan strategi membaca. Melalui penelitian ini, peneliti ingin melihat pengaruh pemberian modul strategi membaca terhadap pemahaman bacaan. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Surabaya angkatan 2002 yang berjumlah 26 orang. Desain penelitian ini adalah eksperimental yang berupa one group pretest-posttest design. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes pemahaman bacaan. Tes pemahaman bacaan dirancang oleh penulis dan dilaksanakan melalui 3 tahap yaitu pretest, posttest dan pascaposttest. Data yang diperoleh diuji secara statistik dengan menggunakan teknik statistik uji t (t-test). Dari hasil penelitian yang didapat bahwa ada perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah pelatihan strategi membaca SQ3R yaitu dengan nilai t = -2,105 dan p = 0,045 (p<0,05). Hal ini disebabkan adanya peran pelatih dalam melatihkan strategi membaca SQ3R yang mampu memahami materi pelatihan dan kemampuan pelatih dalam mengelola materi sehingga mahasiswa dapat terlibat, adanya pelatihan secara mandiri dengan mengulang teknik-teknik SQ3R serta adanya sebagian peserta yang mampu memahami dengan baik strategi membaca SQ3R. Saran yang diberikan oleh peneliti kepada pihak mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan membaca perlu adanya latihan yang terus-menerus, menggunakan metode strategi membaca untuk meningkatkan kemampuan membaca Peneliti selanjutnya disarankan untuk memberikan metode pelatihan menggunakan materi yang berupa buku, waktu pelatihan yang lebih panjang serta menggunakan strategi membaca selain SQ3R. Kepada institusi pendidikan saran yang dapat diberikan yaitu memberikan sarana pelatihan metode strategi membaca bagi siswa.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 13 Dec 2013 10:39
Last Modified: 13 Dec 2013 10:39
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/5988

Actions (login required)

View Item View Item