Analisis Loyalitas Konsumen Terhadap Sepeda Motor Merek Honda Di Surakarta Menghadapi Persaingan Sepeda Motor Cina.

Setiawan, Yohanes (2001) Analisis Loyalitas Konsumen Terhadap Sepeda Motor Merek Honda Di Surakarta Menghadapi Persaingan Sepeda Motor Cina. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/136455

Abstract

Dengan semakin bertambahnya merek sepeda motor yang masuk ke Indonesia terutama produk dari Cina sehingga menimbulkan persaingan di antara dealer sepeda motor. Dan yang paling kena imbasnya adalah sepeda motor merek Honda dikarenakan kualitas sepeda motor Honda yang baik sehingga mengakibatkan banyak produk sepeda motor dari Cina meniru sepeda motor Honda. Hal inilah yang menyebabkan timbulnya persaingan yang ketat antara dealer Honda dengan dealer sepeda motor Cina. Dengan banyaknya alternatif pilihan produk sepeda motor, maka konsumen akan semakin selektif dalam pembelian sepeda motor sesuai keinginan mereka (mengingat konsumen selalu menginginkan yang terbaik, baik dalam hal mutu, kualitas, variasi sepeda motor, pelayanan, harga dll ). Oleh karena itu, Honda sebagai salah satu dealer sepeda motor memerlukan suatu rancangan strategi pemasaran yang tepat untuk mempertahankan agar konsumen tetap loyal kepada Honda dan tidak ke produk Cina bahkan harus bisa meningkatkan loyalitas konsumen dengan cara menarik minat konsumen yang belum loyal agar menjadi loyal. Penelitian dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada konsumen yang membeli sepeda motor di dealer Honda tersebut. Hal ini bertujuan untuk mengetahui tingkat loyalitas konsumen yang akhimya diharapkan untuk dapat meningkatkan volume penjualan sepeda motor merek Honda. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif untuk mengetahui latar belakang konsumen secara umum, analisis pengelompokkan responden untuk mengelompokkan konsumen berdasarkan tingkat loyalitasnya yang kemudian dilanjutkan dengan analisis crosstabulasi untuk mengetahui latar belakang konsumen, analisis Manova untuk mengetahui faktor loyalitas antar kelompok sehingga diketahui kelompok mana yang mempunyai loyalitas tertinggi, analisis perbaikan digunakan untuk mengetahui sejauh mana harapan konsumen terhadap dealer Honda. Analisis selanjutnya adalah analisis strategi pemasaran untuk mengetahui strategi apa saja yang dapat digunakan dealer Honda dalam meningkatkan loyalitas konsrmennya. Dari analisis yang dilakukan, dapat diketahui bahwa kelompok pemakai sepeda motor Honda mayoritas pria dan berusia kurang dari 45 tahun mempunyai pekerjaan mandiri, status sudah menikah dan sepeda rnotor Honda yang disukai adalah GL Max. Mayoritas membeli sepeda motor Honda dikarenakan kuatitasnva yang terjamin. Mayoritas kelompok pemakai sepeda motor Honda adalah kelompok dengan tingkatan loyalitas komit dengan prosentase 29,6% untuk tingkat loyalitas suka dengan prosentase 22,4%, untuk tingkat loyaritas biaya peralihan dengan prosentase 28%, untuk tingkat loyalitas kebiasaan dengan prosentase 12,8% dan untuk tingkat loyalitas pindah dengan prosentase 7,2%. Hasil yang diperoleh diharapkan dapat membantu dealer Honda untuk menyusun strategi pemasaran untuk memperbaiki kelemahan-kelemahan tersebut sehingga konsumen dapat menjadi royal dan pada akhirnya dapat meningkat volume penjualan.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Karyono
Date Deposited: 30 Oct 2013 06:30
Last Modified: 30 Oct 2013 06:30
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/5991

Actions (login required)

View Item View Item