Efek Evaluasi Produk Yang Benar-Benar Baru Pada Minat Adopsi Konsumen

Wartono, Albertus (2003) Efek Evaluasi Produk Yang Benar-Benar Baru Pada Minat Adopsi Konsumen. Masters thesis, University of Surabaya.

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/222988

Abstract

Dengan meluncurkan suatu produk baru yang inovatif produsen akan mendapatkan keuntungan kompetitif dibanding pesaingnya dan mengalami masa monopoli sebelum muncul produk lain dalam kategori tersebut. Dalam membuat suatu konsep produk baru yang inovatif, resiko yang patut diperhitungkan adalah minat adopsi para konsumen bila produk tersebut diluncurkan ke pasaran. Banyak produk inovatif yang muncul namun sedikit sekali yang berhasil diterima oleh konsumen. Faktor-faktor apa yang harus diperhitungkan ketika produsen membuat konsep produk inovatif yang akan dia luncurkan?. Penelitian ini mengambil objek penelitian videophone, yaitu telepon dengan layar LCD yang memungkinkan penelepon melihat lawan bicaranya saat itu. Produk ini dipilih karena produk ini kompatibel dengan telepon dan jaringan telepon konvensional yang ada saat ini, sehingga bisa diharapkan produk ini akan diterima masyarakat sebagai produk pengganti telepon konvensional. Berdasarkan permasalahan tersebut maka dilakukan penelitian dengan menggunakan metode Struktural Equation Model (SEM), yang meneliti hubungan keunggulan fitur produk baru dari intensitas transfer pengetahuan dengan daya tarik produk baru yang pada akhirnya meningkatkan minat adopsi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dengan menggunakan metode Structural Equation Model (SEM) menunjukkan bahwa variabel keunggulan fitur yang terdiri dari keunggulan desain, keragaman fitur, kemampuan yang superior, dan variabel daya tarik produk baru yang terdiri dari harga produk, ketersediaan aksesori dan jasa, keuntungan relatif secara langsung maupun tidak langsung mempengaruhi minat adopsi produk baru yang diukur dari ketertarikan pada kategori poduk, tingkat spekulasi dan waktu pembelian. Namun variabel intensitas transfer pengetahuan yang terdiri dari banyaknya fitur yang sama dalam kategori lain, jumlah fitur dalam kategori produk lain yang berhubungan dengan fitur yang sama tersebut, transfer preferensi tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan pada daya tarik produk baru, dimana hal ini terjadi karena pengaruh tingkat pemahaman konsumen akan produk. Penelitian ini membuktikan pentingnya keunggulan fitur dan daya tarik produk baru dalam proses adopsi produk yang benar-benar baru, dan mengidentifikasi beberapa gap yang perlu diteliti lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Management
Depositing User: Karyono
Date Deposited: 12 Jun 2012 08:06
Last Modified: 29 Oct 2015 02:25
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/600

Actions (login required)

View Item View Item