Erviani, Umi Rahayu (2003) Hubungan antara persepsi terhadap jurusan pilihan dan dukungan sosial terhadap self efficacy siswa dalam menghadapi SPMB. [Undergraduate thesis]
Full text not available from this repository. (Request a copy)Abstract
SPMB (Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru) merupakan tahap penyaringan yang diadakan oleh perguruan tinggi negeri (PTN) untuk menyeleksi siswa yang mendaftar karena jumlahnya tidak sebanding dengan jumlah kursi yang tersedia di PTN. Akibatnya siswa harus bersaing agar bisa diterima di jurusan pilihannya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada hubungan antara persepsi terhadap jurusan pilihan dan dukungan sosial terhadap self efficacy siswa dalam menghadapi SPMB. Penelitian dilakukan di LBB Phi Beta Juwingan, Surabaya. Subyek penelitian adalah siswa-siswi kelas 3 yang akan menghadapi SPMB sebanyak 50 orang yang diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Hasil yang didapatkan menggunakan analisis regresi adalah ada hubungan yang sangat signifikan antara persepsi terhadap jurusan pilihan dan dukungan sosial terhadap self efficacy siswa dalam menghadapi SPMB (F = 28,619, dengan p < 0,05). Secara parsial, persepsi terhadap jurusan pilihan (r par= 0,497 dan p < 0,05) dan dukungan sosial (0,418dan nilai p < 0,05) mempunyai hubungan yang signifikan terhadap self efficacy. Kedua hubungan ini menunjukkan nilai positif. Dengan demikian, semakin baik persepsi siswa terhadap jurusan pilihan, maka semakin tinggi pula self efficacy siswa dalam menghadapi SPMB. Begitu pula, semakin tinggi dukungan sosial, maka semakin tinggi self efficacy siswa dalam menghadapi SPMB. Sumbangan.variabel persepsi terhadap jurusan pilihan dan dukungan sosial adalah sebesar 54,9%. Berarti masih ada variabel-variabel lain yang berhubungan dengan self efficacy, seperti pengalaman dalam mengerjakan latihan-latihan soal, modelling, dan kondisi fisik siswa. Beberapa saran yang bisa diberikan dari penelitian ini, yaitu ( 1) penelitian dikembangkan dengan meneliti variabel-variabel lain yang berhubungan dengan self efficacy, seperti pengalaman dalam mengerjakan latihan-latihan soal, modelling, dan kondisi fisik siswa,(2) untuk pihak LBB,(a) memberikan gambaran kepada siswa mengenai perguruan tinggi, dan jurusan yang ada agar siswa lebih mengetahui dengan benar jurusan yang akan dipilihnya, sehingga persepsi yang terbangun atas jurusan yang dipilihnya tersebut akan lebih sesuai, (b) Pihak LBB juga hendaknya melakukan hubungan dengan orang tua siswa agar mengetahui seberapa besar dukungan lingkungan sosial siswa, terutama dukungan dari orang tua.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | Eko Wahyudi 197013 |
Date Deposited: | 13 Dec 2013 10:27 |
Last Modified: | 13 Dec 2013 10:27 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/6005 |
Actions (login required)
View Item |