Analisis tentang Peran Asisten Mahasiswa dalam Proses Pembalajaran di Fakultas Psikologi Universitas Surabaya

Sukmawati, Ellysa (2003) Analisis tentang Peran Asisten Mahasiswa dalam Proses Pembalajaran di Fakultas Psikologi Universitas Surabaya. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/152086

Abstract

Proses asistensi di Fakultas Psikologi Universitas Surabaya mempunyai tujuan, yaitu untuk membantu dosen dalam proses pembelajaran, namun tidak semua mata kuliah di Fakultas Psikologi Universitas Surabaya membutuhkan program asistensi. Asistensi diperlukan untuk beberapa mata kuliah yang membutuhkan banyak latihan dan praktikum. Berdasarkan survey awal yang dilakukan oleh peneliti terhadap empat mahasiswa dan tiga asisten, kelas asistensi diperlukan sebagai tempat untuk bertanya apabila mahasiswa kurang memahami materi yang ada. Selain itu, jika mahasiswa tidak dapat hadir dalam perkuliahan maka mahasiswa dapat bertanya di kelas asistensi sehingga mereka tidak akan ketinggalan materi yang ada. Karakteristik asisten yang disukai oleh mahasiswa adalah asisten yang memiliki kelebihan dibidang kognitif dan dibidang afektif, seperti mampu bersikap tegas, sabar, ramah, dan bersahabat. Namun dalam kenyataan yang ada, masih ada beberapa asisten yang kurang dapat bersikap tegas dan bersikap ramah sehingga mahasiswa merasa ada jarak. Peran asisten mahasiswa di Fakultas Psikologi Universitas Surabaya saat ini menurut mahasiswa hanya sebagai penyampai materi saja. Mahasiswa menilai asisten kurang dapat berperan sebagai teman/sahabat karena terkadang asisten bersikap sombong. Melalui penelitian ini peneliti ingin melihat sampai sejauh mana peran asisten mahasiswa dalam proses pembelajaran serta karakteristik asisten mahasiswa yang disukai oleh mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Surabaya. Subyek penelitian ini terdiri dari 85 mahasiswa psikologi Universitas Surabaya yang mengikuti kelas asistensi dan seluruh asisten mahasiswa semester gasal tahun ajaran 2002-2003 (61 asisten mahasiswa). Metode pengumpulan data adalah dengan angket pernyataan terbuka. Teknik analisa data dengan teknik statistik deskriptif Dari hasil penelitian yang diperoleh, peran asisten mahasiswa menurut mahasiswa yang paling menonjol adalah sebagai mediator antara dosen dengan mahasiswa. Sedangkan menurut asisten selain sebagai mediator, peran yang juga menonjol adalah sebagai teman/ sahabat. Karakteristik asisten mahasiswa yang disukai oleh mahasiswa adalah asisten yang benar-benar menguasai materi dan yang mampu bersikap sabar, ramah, dan bersahabat. Apabila asisten mahasiswa benar-benar menguasai materi maka asisten akan dapat memenuhi kebutuhan mahasiswa. Selain itu, asisten yang ramah, sabar, dan bersahabat dapat membuat kelas asistensi tidak terlalu formal ( santai) sehingga mahasiswa dapat merasa nyaman untuk bertanya. Saran yang diberikan oleh peneliti ditujukan kepada pihak fukultas dimnana pihak fakultas mengkoordinir dalam membuat program kerja antara dosen dan asisten yang dirumuskan dalam buku pedoman. Kepada pihak dosen diharapkan memberikan SAP dengan jelas dan memantau sampai sejauh mana penguasaan materi yang dimiliki oleh asisten. Kepada asisten mahasiswa hendaknya lebih bersikap sebagai teman/sahabat, memberikan soal latihan yang lebih bervariasi dan peningkatan diri dari masing-masing koordinator gugus. Kepada penelitian selanjutnya hendaknya juga melihat penilaian dari dosen, mencari kebutuhan apa saja yang diperlukan oleh asisten untuk melakukan perannya, dan membandingkan peran asisten di fakultas lain yang ada di Universitas Surabaya

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 13 Dec 2013 10:17
Last Modified: 13 Dec 2013 10:17
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/6017

Actions (login required)

View Item View Item