Hubungan Antara Kepuasan Terhadap Kualitas Layanan Sekolah dengan Sikap Belajar Siswa di SMU Trimurti Surabaya

Safarina, Lita (2003) Hubungan Antara Kepuasan Terhadap Kualitas Layanan Sekolah dengan Sikap Belajar Siswa di SMU Trimurti Surabaya. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/152025

Abstract

Siswa sebagai subyek yang belajar perlu untuk mengembangkan sikap yang positif terhadap belajar karena sikap terhadap belajar merupakan faktor penting yang menentukan keberhasilan siswa dalam belajar. Dalam kegiatan belajar, setiap individu secara nyata mempunyai sikap yang berbeda- beda satu sama lain. Ada sebagian siswa yang mempunyai sikap positif terhadap belajar dan ada sebagian siswa yang mempunyai sikap negatif terhadap belajar. Faktor yang dapat mempengaruhi sikap belajar salah satunya adalah faktor eksternal dari pihak sekolah yaitu berupa layanan sekolah. Semakin baik, kualitas layanan sekolah yang dirasakan siswa tentunya akan dapat menimbulkan kepuasan bagi diri siswa tersebut. Kepuasan yang dirasakan ini dapat mendorong dan memacu siswa untuk bersikap positif terhadap aktivitas belajar di sekolah. Berdasarkan uraian di atas maka perlu adanya studi penelitian guna melihat hubungan antara kepuasan terhadap kualitas layanan sekolah dengan sikap belajar. Kepuasan terhadap kualitas layanan sekolah merupakan perasaan senang atau kecewa seseorang (tingkat perasaan) dalam membandingkan layanan sekolah antara kondisi yang dirasakan dengan harapannya yang dapat dilihat dari adanya bukti langsung, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati. Sedangkan sikap belajar adalah cara yang konsisten dan terorganisir dalam berpikir, berperasaan dan kecenderungan berperilaku atau bereaksi terhadap aktivitas belajar yang meliputi aktivitas visual, aktivitas lisan, mendengarkan, menulis, menggambar, aktivitas metrik dan aktivitas mental. Populasi penelitian adalah siswa-siswi kelas III di SMU TRIMURTI Surabaya. Satu kelas jurusan IPA yang berjumlah 46 siswa dan satu kelas jurusan IPS yang berjumlah 48 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik incidental sampling. Hasil analisis data dengan teknik korelasi Momen Tangkar, menunjukkan bahwa ada hubungan yang cukup signifikan antara kepuasan terhadap kualitas layanan. sekolah dengan sikap belajar siswa (r = 0,282 dan p<- 0,05). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi tingkat kepuasan terhadap kualitas layanan akan diikuti dengan sikap belajar yang makin positif dari siswa. Hal ini dapat dijelaskan bahwa sekolah yang memberikan layanannya dengan baik akan dapat menciptakan sikap positif terhadap belajar. Dari hasil penelitian tersebut penulis menyarankan pihak sekolah dapat meningkatkan kualitas layanan pendidikan terhadap siswa dengan penyediaan fasilitas fisik yang memadai dan sesuai dengan kebutuhan siswa, yang tentunya untuk menciptakan kenyamanan belajar.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 13 Dec 2013 10:15
Last Modified: 13 Dec 2013 10:15
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/6020

Actions (login required)

View Item View Item