Penelitian Deskriptif tentang Gaya Belajar Mahasiswa

Sumantri, Dian Amilia (2003) Penelitian Deskriptif tentang Gaya Belajar Mahasiswa. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/152033

Abstract

Setiap mahasiswa mempunyai gaya belajar yang tidak sama satu dengan yang iain. Dengan mengenali gaya belajar yang dimiliki mahasiswa, diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam memahami materi yang diberikan oleh dosen sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar. Melalui penelitian ini peneliti ingin mengetahui gaya belajar mahasiswa berdasarkan aspek fisik, lingkungan sekitar, emosional, sosiologis (Dunn dan Dunn, 1979) dan dominasi otak (Gregorc, 1979). Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dengan dua macam pertanyaan yaitu pertanyaan tertutup dan pertanyaan terbuka. Angket terdiri dari dua bagian dimana bagian pertama bertujuan untuk mengungkap gaya belajar mahasiswa berdasarkan prioritas yang sesuai dengan keadaan yang ada. Sedangkan angket bagian kedua untuk mengungkap faktor-faktor apa yang mempengaruhi gaya belajar dalam lingkungan pembelajaran. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif dan analisa data yang digunakan adalah teknik statistik deskriptif. Subyek penelitian adalah mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Surabaya dari angkatan 1998 sampai dengan 2002, dengan alasan mahasiswa tersebut masih aktif dalam proses pembelajaran sehinnga diharapkan dapat memberikan masukkan. Angket yang disebar 160 dan yang kembali berjumlah 141. Dari 141 angket, 2 digugurkan secara acak sehingga diperoleh 139 angket. Berdasarkan data yang diperoleh diketahui gaya belajar pada aspek fisik yang dominan adalah visual; aspek waktu yang dominan adalah belajar di malam hari dan kuliah di pagi hari; aspek suara yang dominan adalah belajar dengan keadaan yang sunyi; aspek cabaya yang dominan adalah belajar di tempat yang terang; aspek suhu yang dominan adalah belajar di tempat yang sejuk; aspek emosi yang dominan adalah tanggung jawab; aspek sosiologis yang dominan adalah belajar dengan teman sebaya; dan aspek dominasi otak yang dominan adalah sekuensial konkret. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah kepada Fakultas Psikologi Universitas Surabaya yang diharapkan adanya suatu variasi dalam metode mengajar sehingga terdapat kesesuian antara metode mengajar dengan gaya belajar. Untuk peneliti yang hendak mengembangkan penelitian ini lebih lanjut mengingat data yang diperoleh masih belum cukup mendalam, yaitu dengan melihat apakah ada hubungan antara lndeks Prestasi Kumulatif dengan gaya belajar ditinjau berdasarkan per angkatan. Kepada mahasiswa diharapkan dapat mengembangkan suatu pemahaman mengenai gaya belajar, yang kemudian bisa bermanfaat bagi proses belajar yang dapat meningkatkan prestasi.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 13 Dec 2013 10:10
Last Modified: 13 Dec 2013 10:10
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/6024

Actions (login required)

View Item View Item