Persepsi dosen dan mahasiswa terhadap proses belajar mengajar di Fakultas Psikologi Universitas Surabaya

., Merlin (2003) Persepsi dosen dan mahasiswa terhadap proses belajar mengajar di Fakultas Psikologi Universitas Surabaya. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/152110

Abstract

Proses pembelajaran mempunyai beberapa komponen, yaitu tujuan, metode, alat bantu dan pengelolaan kelas serta evaluasi. Sedangkan pihak yang terlibat dalam proses belajar mengajar adalah guru dan siswa yang pada tingkat Perguruan Tinggi disebut dosen dan mahasiswa. Pada masing-masing pihak akan muncul persepsi yang mungkin berbeda-beda terhadap komponen-komponen dari proses belajar mengajar. Diantaranya dalam persepsi terhadap tujuan pembelajaran, ada perbedaan antara dosen dan mahasiswa yang berdampak pada dosen yang terkesan kurang mengerti akan kebutuhan mahasiswa. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan mendapatkan gambaran mengenai persepsi dosen dan mahasiswa terhadap proses belajar mengajar di Fakultas Psikologi Universitas Surabaya. Subyek penelitian ini terdiri dari 20 dosen di Fakultas Psikologi Universitas Surabaya dan 150 mahasiswa angkatan 2000 - angkatan 2002. Metode pengumpulan data adalah dengan angket pernyataan terbuka. Teknik analisa data dengan teknik statistik deskriptif Dari hasil penelitian, bahwa sebagian besar dosen belum memberikan tujuan pembelajaran tetapi metode dan alat bantu yang dipakai sudah sesuai dengan materi. Sedangkan pada pengelolaan kelas, pelanggaran yang paling sering dilakukan mahasiswa adalah mengenai presensi tetapi hal itu tidak diketahui oleh dosen. Pada evaluasi, feedback diberikan kepada mahasiswa sebagai masukan sehingga mahasiswa tahu letak kesalahannya. Saran yang diberikan oleh peneliti ditujukan kepada pihak dosen, mahasiswa dan pada penelitian selanjutnya. Kepada pihak dosen diharapkan menyampaikan tujuan pembelajaran setiap materi kuliah pada setiap awal kuliah dan dapat menjalin komunikasi informal (diskusi taman). Kepada mahasiswa diharapkan lebih rajin kerja tugas dan berkomunikasi efektif dengan dosen sehingga dosen dapat memahami kebutuhan dari mahasiswa. Peneliti berikutnya hendaknya juga melihat lebih spesifik kebutuhan mahasiswa dan hubungan antara mahasiswa dalam interaksinya dalam proses pembelajaran, mengungkap aspek afektif dari persepsi dan mengungkap secara spesifik mata kuliah tertentu.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 13 Dec 2013 10:06
Last Modified: 13 Dec 2013 10:06
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/6028

Actions (login required)

View Item View Item