Aplikasi Balanced Scorecard perspektif Internal-Business Process sebagai media integrasi antara strategi dan operasi pada PT. CCAI di Surabaya

Rachmasari R., Rizka (2002) Aplikasi Balanced Scorecard perspektif Internal-Business Process sebagai media integrasi antara strategi dan operasi pada PT. CCAI di Surabaya. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/153109

Abstract

PT. CCAI merupakan suatu badan usaha yang bergerak di bidang usaha minuman ringan non-alkohol. Selama ini penilaian perfoma atas pengimplementasian strategi yang telah dirumuskan badan usaha terlalu difokuskan pada pengukuran finansial dengan tolak ukur laporan keuangan, dan pihak manajemen sendiripun belum mampu untuk memiliki pemahaman yang optimal terhadap informasi non-finansial yang ada dalam internal badan usaha. Laporan keuangan sebagai tolak ukur kinerja tunggal, hanya dapat berfungsi sebagai Lag Indicators, memberikan basil akhir, namun tidak mampu menggambarkan titik-titik strategis badan usaha dalam kondisi jangka panjang menuju keunggulan bersaing, dan juga tidak mampu mengungkapkan sebab keberhasilan atau kegagalan badan usaha (Lead Indicators), untuk memperbaiki kinerja di masa yang akan datang. Balanced Scorecard merupakan media yang dianggap sesuai sebagai suatu alat manajemen yang menyediakan sebuah kerangka kerja untuk mengintegrasikan strategi dengan operasi melalui translasi Visi, Misi, dan Strategi ke dalam terminologi operasional yaitu berupa serangkaian pengukuran kinerja dari empat sudut pandang, yakni Perspektif Finansial, Perspektif Customer, Perspektif Internal-Business-Process, dan Perspektif Learning and Growth. Dalam skripsi ini dipilih perspektif Internal-Business-Process, karena sesuai dengan kebutuhan badan usaha, untuk memperbaiki perfoma badan usahanya secara Internal. Diterapkannya Balanced Scorecard diharapkan dapat mewujudkan proses sistematis dalam sistem manajemen badan usaha untuk melaksanakan dan memperoleh umpan balik sebuah strategi, yaitu mengkomunikasikan sasaran dan target PT. CCAI ke dalam bahasa operasional. Komunikasi ini akan memfokuskan pihak manajemen dan personel Front-Line atas faktor-faktor penentu kinerja yang memungkinkan mereka mengambil inisiatif dan tindakan untuk melaksanakan tujuan-tujuan badan usaha. Setiap pengukuran kinerja dalam Balanced Scorecard harus dapat mencerminkan arti strategi bagi pencapaian tujuan badan usaha. Tolak ukur yang digunakan untuk mengukur kinerja perspektif Internal-Business-Process PT. CCAI adalah: Sales By Brand, Bottle Trade Absorption, New Open Dister, Cold Drink Availability, Point-Of-Purchase, Kode Produksi, Cold Drink Equipment Availability, Tingkat Keberadaan Produk, Complain dan Retur, Call Effectiveness Rate, Customers Relationship.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 31 Oct 2013 03:56
Last Modified: 31 Oct 2013 03:56
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/6029

Actions (login required)

View Item View Item