Hubungan antara Self-Efficacy dan Persepsi Mahasiswa Terhadap Iklim Kelas dengan Kecemasan pada Mata kuliah Speaking

Wardhani, Tita Kusuma (2003) Hubungan antara Self-Efficacy dan Persepsi Mahasiswa Terhadap Iklim Kelas dengan Kecemasan pada Mata kuliah Speaking. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/152054

Abstract

Mata kuliah speaking sebagai mata kuliah yang penting menimbulkan kecemasan bagi mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pilihan Bahasa Inggris Universitas Katolik Widya Mandala. Banyak faktor yang dapat menyebabkan kecemasan tersebut, diantaranya persepsi mahasiswa terhadap iklim kelas dan self-efficacy. Persepsi mahasiswa terhadap iklim kelas adalah penilaian mahasiswa terhadap suasana yang diciptakan oleh pengajar di dalam kelas. Iklim kelas tidak hanya terkait dengan pengajar namun juga dengan teman sebaya. Peran pengajar di dalam iklim kelas diharapkan dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan seperti memberikan dukungan, perhatian atau bantuan terhadap mahasiswa, sedangkan peran mahasiswa dengan teman sebaya, dapat direalisasikan dalam bentuk aktivitas-aktivitas seperti kerjasama, sosialisasi dan persahabatan Pemberian iklim yang positif di dalam kelas berguna bagi mahasiswa untuk meningkatkan self-efficacy dirinya. Self-efficacy adalah suatu keyakinan seseorang tentang kemampuannya untuk mengatasi berbagai situasi dan dapat melakukan tindakan yang dikehendaki situasi tertentu dengan berhasil. Self-efficacy sangat berguna untuk membuat siswa yakin akan kemampuannya dalam menghadapi mata kuliah speaking C. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (a) hubungan antara self-efficacy dan persepsi mahasiswa terhadap iklim kelas dengan kecemasan pada mata kuliah speaking C, (b) hubungan antara self-efficacy dengan kecemasan pada mata kuliah speaking C, (c) hubungan antara persepsi mahasiswa terhadap iklim kelas dengan kecemasan pada mata kuliah speaking C. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa/mahasiswi yang sedang mengikuti mata kuliah speaking C kelas pararel A dan C, di Fakultas Keguruan dan ilmu Pendidikan Program Studi Pilihan Bahasa Inggris Universitas Katolik Widya Mandala. Data kecemasan, self-efficacy dan persepsi mahasiswa yang mengikuti mata kuliah speaking C diungkap melalui angket. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Analisis Regresi. Hasil analisis data dari 50 responden menghasilkan F = 10,185 dan p (0,000) < 0,01 yang berarti ada hubungan yang signifikan antara self-efficacy dan persepsi mahasiswa terhadap iklim kelas dengan kecemasan mahasiswa pada mata kuliah speaking C. Ada hubungan negatif yang signifikan antara self-efficacy dengan kecemasan pada mata kuliah speaking C dimana (r =- 0,436, dan p (0,002) < 0,01). Ada hubungan negatif yang signifikan antara persepsi mahasiswa terhadap iklim kelas dengan kecemasan pada mata kuliah speaking C dimana (r =- 0,379, dan p (0,008) < O,Ol).Untuk penelitian lain disarankan faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi kecemasan selain self-efficacy dan iklim kelas, seperti kepribadian, karakteristik dosen, penyesuaian diri, dan dukungan sosial, serta mengambil penelitian yang lebih bervariasi baik dalam mata kuliah yang lain maupun jenis Universitas yang berbeda sehingga hasilnya dapat lebih baik digunakan untuk keperluan generalisasi.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 13 Dec 2013 10:01
Last Modified: 13 Dec 2013 10:01
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/6032

Actions (login required)

View Item View Item