Studi Eksplorasi Mengenai Definisi Kualitas Pendidikan Tinggi di Jurusan Teknik Industri Universitas Surabaya

., Lienawati (2001) Studi Eksplorasi Mengenai Definisi Kualitas Pendidikan Tinggi di Jurusan Teknik Industri Universitas Surabaya. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/136396

Abstract

Seluruh organisasi yang bergerak di bidang manufaktur maupun jasa mempunyai serangkaian rantai kualitas. TI-UBAYA sebagai perusahaan jasa juga dapat dipandang sebagai satu sistem rantai kualitas. Rantai kualitas dapat terjalin dengan baik apabila definisi kualitas mengenai proses dan output dari proses belajar diantara dosen, mahasiswa dan Staf dapat diketahui dengan baik dan kualitas tersebut dapat diwujudkan. Permasalahan yang ada yaitu apa saja yang menjadi kualitas dari rantai kualitas proses belajar di pendidikan tinggi menurut mahasiswa, dosen dan staff sehingga nantinya seluruh pihak yang terkait dalam proses pendidikan di UBAYA dapat mengambil langkah yang tepat untuk mewujudkan jasa-jasa pendidikan tinggi sesuai dengan kebutuhan mahasiswa, dosen dan staff di TI –UBAYA. variabel yang terkait tcrhadap kualitas di pendidikan tinggi ada 33 buah dan variabel yang terkait dengan kualitas lulusan ada 9 buah. Jumlah responden ada 200 mahasiswa, 16 dosen, 2 PAJ, dan 3 laboran. Kuesioner ada 4 bagian yaitu demografi responden, hal-hal yang terkait dengan kualitas di pendidikan tinggi, hal-hal yang berarti bagi lulusan dan pertanyaan terbuka tentang keidealan hal-hal yang ada di pendidikan tinggi. Dari hasil pengumpulan data jawaban dari PAJ tidak valid karena banyaknya pertanyaan kuesioner yang tidat bisa dijawab. Dari pengolahan dan analisis maka diketahui tingkat keterkaitan variable terhadap kualitas di pendidikan tinggi dengan melihat mean dari variabel yang ada. Dengan melihat modus ranking maka hal yang paling terkait dengan kualitas di pendidikan tinggi menurut mahasiswa adalah jelasnya materi dosen, menurut dosen adalah kesesuaian materi dengan dunia kerja dan perkembangan ilmu, menurut laboran adalah mutu fasilitas dan jelasnya materi dosen, menurut mahasiswa yang pernah menjadi asisten adalah jelasnya materi dosen, menurut mahasiswa tidak pernah menjadi asisten adalah jelasnya materi dosen. Dengan melihat modus ranking maka hal yang paling berarti bagi lulusan menurut mahasiswa adalah lulusan punya pengalaman lapangan, menurut dosen adalah lulusan punya sikap profesional. menurut laboran adalah lulusan punya pengalaman lapangan dan cepat kerja menurut mahasiswa yang pernah menjadi asisten adalah skill lulusan sesuai dengan trend masyarakat dan menurut mahasiswa yang tidak pernah asisten adalah lulusan punya pengalaman lapangan Kesimpulannya yaitu ada perbedaan definisi kualitas baik antara dosen, mahasiswa, laboran serta antara mahasiswa yang pernah menjadi asisten dan mahasiswa tidak pernah menjadi asisten sehingga sampai perlu adanya komunikasi antar pihak-pihak yang terkait dan dengan demikian perguruan tinggi dapat menghasilkan jasa kependidikan tinggi sesuai dengan kebutuhan pelanggannya.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Karyono
Date Deposited: 31 Oct 2013 08:09
Last Modified: 31 Oct 2013 08:09
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/6048

Actions (login required)

View Item View Item