Hubungan antara Persepsi Tentang Kegiatan Pembinaan Guru dengan Semangat Kerja pada Guru Taman Kanak-Kanak

Wulandari, Diah (2003) Hubungan antara Persepsi Tentang Kegiatan Pembinaan Guru dengan Semangat Kerja pada Guru Taman Kanak-Kanak. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/152082

Abstract

Semangat kerja memiliki pengaruh yang efektif pada diri individu dalam melaksanakan peketjaannya. Ranupandojo (1982 : 179) mengemukakan babwa tingkat semangat ketja ini mencerminkan sikap kaJyawan terhadap lingkungan kerjanya dan semangat kerja ini mempengaruhi basil pekeljaan karyawan. Semangat ketja menjadi suatu hal yang mendasar dalam peningkatan profesionalitas gwu dan sangat penting untuk diperhatikan karena profesionalitas guru menjadi to1ak ukur bagi kinerja guru, dan kinelja guru ini menjadi salah satu penentu dalam peningkatan mutu seko1ah dan produk ke1uaran sekolah terseb~ dalam hal ini adalab kualitas murid- murid. semangat kelja guru dipengaruhi oleh beberapa hal antara lain persepsi tentang kegiatan pembinaan guru yang dilakukan di sekolah. Persepi guru yang baik akan menimbulkan semangat kelja pada dirinya. Sedangkan guru yang memiliki persepsi yang tidak baik terhadap pelaksanaan kegiatan pembinaan di sekolahnya akan memiliki sikap absenteism yang tinggi. tidak nyaman bekelja dan akan beraklbat tidak baik dalam mengajar kepada anakanak. Zaitun (1984 : 89) menjelaskan bahwa bila semangat kelja rendah akan nampak dati bentuk tindakan yang merugikan organisasi, seperti : ketidakhadiran pada jam- jam kerja dengan tingkat absent yang tinggi, menggerutu dalam ketja, adanya perasaan kecewa, mogok kelja, dan sebagainya. Subyek penelitian terdiri dari guru-guru TK di Surabaya yang terbagi dalam 3 kategori sekolah yaitu sekolah yang berakreditasi A, berakreditasi B dan berakreditasi C. Pengumpulan data dilakukan dengan angket. Analisis data menggunakan teknik analisis regresi dan product moment. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada hub1Dlg8Il yang signifikan anta.ra persepsi tentang kegiatan pembinaan guru dengan semangat kelja, yang dibuktikan dengan nilai r = 0,816 dan p = 0,000. Swnbangan efektif persepsi tentang kegiatan pembinaan guru terhadap semangat kelja sebesar 66,6%. Pada masing- masing kategori sekolah tef(lapat perbedaan penyebaran level persepsi tentang kegiatan pembinaan guru dan semangat ketja. Pada basil penelitian terdapat perbedaan level semangat kelja guru perkategori sekolah. Hal ini menjadi masukan penting pula bagi pihak penge1ola sekoJah dalam hal ini Yayasan dan Pemerintah untuk mengevaluasi pola pembinaan guru yang telah dilakukan. Disarankan untuk penelitian selanjutnya agar lebih memperhatikan faktor-faktor lain yang mempengaruhi semangat kelja yaitu : mengenai pengaruh status guru dimata masyara.kat serta fleksibilitas waktu ketja, serta keterlibatan guru dalam musyawarah untuk menentukan kebijakan sekolah.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 13 Dec 2013 09:58
Last Modified: 22 Sep 2020 03:52
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/6068

Actions (login required)

View Item View Item