., E r v i n (2001) Perumusan Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Ketahanan Beli Konsumen Sus Kering Mono di Malang. [Undergraduate thesis]
Full text not available from this repository. (Request a copy)Abstract
Bermunculannya pesaing yang berusaha merebut pasar yang sama membuat perusahaan merasakan tanpa konsumen perusahaan tidak akan ada. Oleh karena itu, perusahaan dituntut untuk selalu memberikan yang terbaik untuk konsumen. Setiap perusahaan harus tetap memperhatikan kepuasan konsumen karena konsumen yang puas akhirnya akan menjadi loyal dan akan melakukan pembelian yang berulang-ulang pada suatu produk tertentu. Perusahaan yang memproduksi kue kering merupakan salah satu jenis perusahaan yang perlu memperhatikan. masalah kepuasan konsumen, karena konsumen yang puas diharapkan akan dapat meningkatkan ketahanan beli konsumen terhadap suatu produk. Home Industry Mono merupakan salah satu home industry yang bergerak dalam bidang pembuatan sus kering yang perlu mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap sus kering Mono. Untuk itu diperlukan penelitian tentang kepuasan konsumen dengan tujuan agar konsumen memiliki ketahanan beli terhadap sus kering Mono. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada konsumen yang tinggal di kota Malang dan pernah mengkonsumsi sus kering Mono. Hal ini untuk mengetahui penilaian konsumen terhadap sus kering Mono. Dari pengolahan dan analisis data yang dilakukan, maka dapat diketahui gambaran konsumen mengenai product, price, place, promotion, behaviour, retention dan loyalty secara umum. Dari gambaran umum tersebut, konsumen dapat dikelompokkan menjadi ex consumer, swinger, loyal consumer dan very loyal consumer. Dari analisis penilaian sus kering Mono akan tampak kelebihan dan kekurangan sus kering Mono pada tiap kelompok yang terbentuk, sehingga langkah terakhir dalam penelitian ini adalah memberikan usulan strategi pemasaran kepada pihak Mono yang berorientasi pada keinginan konsumen agar dapat mencapai tujuan penelitian yakni meningkatkan ketahanan beli konsumen terhadap sus kering Mono. Hasil yang diperoleh adalah konsumen sus kering Mono belum sepenuhnya terpuaskan, sehingga perbaikan pada kekurangan sus kering Mono perlu segera dilakukan disertai dengan usaha mempertahankan kelebihan sus kering Mono untuk memberikan kepuasan kepada konsumen agar konsumen akan melakukan pembelian ulang pada sus kering Mono. Penelitian ini diharapkan dipertimbangkan oleh pihak Mono untuk meningkatkan ketahanan beli konsumen sus kering Mono, karena hasil wawancara dengan konsumen menunjukkan apabila strategi usulan yang berorientasi konsumen ini diterapkan dengan taktik marketing mix yang telah dirumuskan maka akan ada potensi kenaikan jumlah konsumen sebesar 40% dan peningkatan profit sebesar 50%.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering |
Depositing User: | Karyono |
Date Deposited: | 04 Nov 2013 08:27 |
Last Modified: | 04 Nov 2013 08:27 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/6164 |
Actions (login required)
View Item |