Prospek Pemasaran Parfum Palsu Bermerek Ditinjau dari Perilaku Konsumen Setelah Krisis Ekonomi

Susanti, Lydia Dewi (2001) Prospek Pemasaran Parfum Palsu Bermerek Ditinjau dari Perilaku Konsumen Setelah Krisis Ekonomi. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/136293

Abstract

Sejak meledaknya krisis ekonomi pada pertengahan tahun 1997 lalu, Indonesia banyak mengalami berbagai permasalahan. Harga barang-barang melonjak akibat gejolak kurs rupiah terhadap US$. Termasuk harga parfum asli bermerek naik luar biasa. Padahal konsumen tetap ingin tampil wangi, disanalah tercipta peluang, sehingga parfum palsu semakin banyak membanjiri pasar. Dalam penelitian ini diharapkan dapat mengetahui prospek pemasaran parfum palsu setelah krisis ekonomi ditinjau dari perilaku konsumennya. Untuk mendapatkan data maka dilakukan wawancara dan menyebarkan kuesioner. Kemudian data tersebut akan diolah secara manual dan dengan bantuan prograrn SPSS versi 7.5 for Windows. Setelah itu data akan dianalisis dengan analisis deskriptif, analisis pengaruh krisis terhadap pola beli konsumen, analisis gaya hidup, analisis dampak perilaku terhadap prospek pemasaran parfum palsu analisis faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam membeli parfum dan analisis sumber acuan. Setelah dilakukan analisis maka didapatkan bahwa krisis ekonomi berpengaruh terhadap perilaku konsumen. Dikatakan berpengaruh karena konsumen berubah dari memakai parfum asli ke parfum palsu setelah krisis ekonomi dan alasan konsumen memakai parfum juga mengalami perubahan yaitu mereka lebih memperhatikan harga daripada merek setelah krisis ekonomi. Perubahan itu berdampak baik pada prospek pemasaran parfum palsu karena mengalami peningkatan. Hal itu dapat dilihat dari volume penjualan parfum palsu setelah krisis ekonomi dan segmentasi mereka lebih digerakkan oleh unsur demografi yaitu harga. Faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam membeli parfum antara lain adalah diskon/potongan harga, wangi parfum yang akan dibeli, wangi yang mirip dengan yang asli, harga parfum, merek parfum dan ukuran/volume parfum. Produk parfum yang tanggap terhadap perubahan ini sebaiknya segera dapat mengambil peluang tersebut dengan meningkatkan dan memelihara kualitas produknya agar tetap dapat memuaskan pelanggan yang telah loyal terhadap merek mereka, maupun pelanggan baru. Untuk itu, produk parfum yang ingin tetap dapat bertahan di masa krisis ini harus dapat menyesuaikan strategi pemasarannya.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Karyono
Date Deposited: 04 Nov 2013 08:29
Last Modified: 04 Nov 2013 08:29
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/6165

Actions (login required)

View Item View Item