Peningkatan Kualitas Layanan di Angel Disc

Hubaya, Antony (2001) Peningkatan Kualitas Layanan di Angel Disc. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/136369

Abstract

Seiring dengan banyaknya tempat persewaan CD menyebabkan timbulnya persaingan yang ketat dalam bidang usaha jasa ini. Dengan semakin ketatnya persaingan maka pihak persewaan CD harus selalu berusaha memberikan pelayanan yang terbaik untuk memuaskan pelanggan, mengingat pelanggan sendiri sekarang ini menjadi lebih pemilih di dalam memilih tempat persewaan CD yang akan dikunjunginya. Oleh karena itu pihak persewaan CD Angel-Disc, yang merupakan persewaan CD-CD Program, Game, MP3 dan Anime, VCD Original, VCD Serial Mandarin yang berlokasi di Jl. Tenggilis Mejoyo AH-4 Surabaya menginginkan untuk memperbaiki sistem yang lama dengan sistem yang lebih baik untuk memperbaiki kualitas pelayanan yang diberikan kepada pelanggan, antara lain adalah kecepatan pelayanan, informasi yang akurat dan juga untuk memperkecil tingkat kesalahan yang terjadi karena banyaknya laporan atau daftar yang harus dibuat. Sehingga langkah awal yang dilakukan adalah menanyakan langsung kepada para staf dan pelanggan. Para staf merasa bahwa system yang ada sekarang terlalu repot atau banyak yang harus ditulis ulang untuk mendapatkan data yang akurat, dan untuk pelanggan, yang sampai peneliti mengambil data berjumlah 210 orang harus memakai sampel dan kuesioner agar data yang didapat benar-benar valid dan akurat. Penelitian ini dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada pelanggan yang sudah pernah meminjam di persewaan CD Angel Disc. Hal ini bertujuan untuk mengetahui tingkat ekspektasi dan persepsi pelanggan terhadap pelayanan yang sudah diberikan oleh persewaan CD Angel Disc. Dari hasil analisis gap 5 yang dilakukan kepada 70 orang responden, pelanggan persewaan CD Angel Disc diketahui bahwa ada 4 variabel yang mengalami gap 5, yaitu variable mudah dihubungi, staf memiliki pengetahuan tentang CD, prosedur atau administrasi yang baik, dan pelayanan yang cepat Selanjutnya dilakukan pengujian mean persepsi dan ekspektasi pelanggan, dengan menggunakan metode uji Z, dan hasilnya terdapat 2 variabel yang signifikan mengalami gap 5, yaitu variable prosedur/administrasi yang baik, dan pelayanan yang cepat Dari informasi yang diperoleh akan digunakan sebagai acuan dalam menyusun strategi perbaikan pada persewaan CD Angel Disc.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Karyono
Date Deposited: 04 Nov 2013 08:33
Last Modified: 04 Nov 2013 08:33
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/6167

Actions (login required)

View Item View Item