Pengukuran dan Evaluasi Biaya Kualitas di PT. XYZ

Khodjojo, Yenny (2001) Pengukuran dan Evaluasi Biaya Kualitas di PT. XYZ. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/136371

Abstract

Dalam lingkungan persaingan yang semakin ketat saat ini, kualitas merupakan hal yang paling baik untuk mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan. Namun pada prakteknya, ada sejumlah besar biaya yang dikeluarkan berhubungan dengan kualitas. Pengukuran yang teliti terhadap biaya kualitas ini. perlu dilakukan sebagai sarana informasi yang penting bagi pihak perusahaan untuk mengetahui kondisi kualitas produk yang dihasilkannya. PT. XYZ merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri elektronik. Dalam persaingan industri elektronik yang semakin ketat, PT. XYZ ingin mengusahakan yang terbaik untuk bisa tetap bertahan hidup lewat kualitas produknya. Dengan menggunakan metode pengukuran biaya kualitas yang dikemukakan American Society for Quality Control, diharapkan PT. XYZ bisa mengetahui seberapa besar biaya yang dipakai untuk kualitas produknya saat ini. Berdasarkan pengukuran biaya kualitas yang dilakukan selama tiga periode, didapati bahwa biaya kualitas yang dikeluarkan perusahaan ini tahun 1998 sebesar Rp. 306.901.500, Rp. 323.958.800 untuk tahun 1999, dan Rp. 357.198.000 untuk tahun 2001. Hasil analisis menunjukkan biaya kualitas perusahaan ini masih. berada dalam batas yang normal dibandingkan terhadap penjualannya hingga perusahaan bisa memutuskan untuk tetap mempertahankannya atau berusaha untuk memperbaikinya. Tindakan perbaikan yang bisa diambil perusahaan diketahui lewat analisis terhadap penyebab terbesar biaya kualitas. Biaya yang merupakan penyebab besarnya biaya kualitas pada perusahaan ini adalah elemen biaya kegagalan internal sedangkan biaya ini tidak menghasilkan nilai tambah bagi perusahaan karenanya jika pihak manajemen perusahaan memutuskan untuk menguranginya, pihak perusahaan perlu mengetahui akar masalah biaya kegagalan internal itu juga. Berdasarkan analisis terhadap akar masalahnya, pihak perusahaan bisa mengambil tindakan-tindakan apa yang diperlukan untuk perbaikan di masa yang akan datang. Dengan penerapan tindakan-tindakan tersebut diharapkan perusahaan dapat mengurangi biaya kualitasnya sebesar biaya kegagalan internal tersebut atau bahkan bisa mencapai zero defect.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Karyono
Date Deposited: 04 Nov 2013 08:38
Last Modified: 04 Nov 2013 08:38
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/6172

Actions (login required)

View Item View Item