Analisis Ekuitas Sandal Ardiles

Gunawan, Ade Jacky (2001) Analisis Ekuitas Sandal Ardiles. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/136263

Abstract

Adanya perkembangan pada produk sandal menyebabkan tumbuhnya merek-merek baru yang bermunculan, baik merek impor maupun merek local sehingga persaingan antar merek tidak dapat dihindarkan lagi. Dengan munculnya merek-merek tersebut berarti konsumen akan sangat diuntungkan karena akan terjadi "perang" antar produsen sandal itu sendiri, baik "perang harga" maupun "perang merek". Oleh karena itu perusahaan yang benar-benar mempunyai merek yang kuatlah yang akan mampu untuk tetap surviye. Tiap perusahaan harus mampu meningkatkan atau paling tidak mempertahankan ekuitas mereknya agar perusahaan bisa terus berkembang. Ekuitas merek terdiri dari loyalitas merek (brand loyalty), kesadaran merek (brand awareness), kesan kualitas (perceived quality), dan asosiasi merek (brand associations). Penelitian dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada konsumen yang mempunyai sandal Ardiles. Hal ini bertujuan mengetahui kesadaran merek, loyalitas konsumen, asosiasi merek, dan kesan kualitas terhadap sandal Ardiles. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif untuk mengetahui latar belakang konsumen secara umum. Analisis berdasarkan tingkat loyalitas untuk mengelompokkan konsumen berdasarkan kelompok loyalitasnya dan analisis kesadaran merek untuk mengetahui tingkat kesadaran merek konsumen. Analisis manova digunakan untuk mengetahui perbedaan rata-rata terhadap kelompok yang terbentuk. Analisis ketergantungan dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh latar belakang konsumen dengan kelompok yang terbentuk. Analisis kelebihan dan kelemahan merek lain bertujuan untuk mengetahui kelebihan dan kelemahan merek lain yang nantinya bisa dijadikan acuan bagi pihak perusahaan untuk tetap melakukan inovasi terhadap produknya. Analisis strategi dilakukan untuk mengetahui strategi apa yang dapat dilakukan pihak Ardiles untuk meningkatkan ekuitas mereknya. Dari analisis deskiptif secara keseluruhan dapat diketahui bahwa kelompok pemakai sandal Ardiles mayoritas wanita (95 responden) dan sisanya adalah pria (55 responden). Berdasarkan kelompok loyalitas maka kelompok yang terbentuk adalah kelompok loyalitas tinggi (41 responden), mayoritas > 23 tahun, sarjana mempunyai pengeluaran Rp 500.000 - Rp 1.000.000; loyalitas sedang (21 responden), mayoritas 18 - 23 tahun, sarjana, mempunyai pengeluaran Rp 250.000 - Rp 500.000; dan loyalias rendah 188 responden), mayoritas 18 – 23 tahun, SMA,/SMU/ sederajat, mempunyai pengeluaran Rp 250.000 - Rp 500.000. Kelompok loyalitas tinggi mempunyai kesadaran yang tinggi terhadap merek Ardiles, kelompok loyalitas sedang mempunyai kesadaran yang rendah, dan kelompok loyalitas rendah mempunyai kesadaran yang agak rendah. Secara umum asosiasi yang terbentuk pada semua kelompok adalah sandal dengan harga yang terjangkau dan kesan kualitas yang terbentuk adalah produk/ barang mudah didapat. Kelebihan Ardiles adalah harga terjangkau, mudah didapat, dan tahan lama sedangkan kelemahannya adalah variasi model sedikit, model kurang bagus, dan kurang mengikuti tren.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Karyono
Date Deposited: 06 Nov 2013 02:09
Last Modified: 06 Nov 2013 02:09
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/6214

Actions (login required)

View Item View Item