Memodelkan Semburan Partikel dengan Konsep Physically Based Modeling

Wahyu C.K, Hendra (2002) Memodelkan Semburan Partikel dengan Konsep Physically Based Modeling. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/233412

Abstract

Fenomena alam hasil buatan manusia ternyata memiliki daya tarik tersendiri bagi dunia bisnis, industri dan entertainment. Salah satunya adalah air mancur. Pembuatan air mancur dengan desain yang indah dan sesuai dengan keinginan tidaklah mudah. Perancang sering mengira-ngira dan mencoba-coba, dan akhirnya banyak waktu, tenaga, serta materi yang terbuang dengan percuma. Karena itu lebih baik ada visualisasi sebelum dibuat air mancur tersebut Maka ide yang dimiliki dapat dilihat hasilnya sebelum ide tersebut dirancang dan dibuat barang yang sesungguhnya atau di produksi secara massal. Maka dibuatlah perangkat lunak yang bisa memvisualisasikan sistem partikel. Sistem partikel adalah salah satu bagian dari physically based modeling yang berusaha untuk menirukan gerakan partikel (dalam hal ini air mancur) seperti keadaan di dunia nyata. Supaya semburan partikel ini dapat menghasilkan efek seperti dalam kondisi di dunia nyata, maka digunakan perhitungan matematika dan konsep tisika tentang gerak Posisi partikel, kecepatan awal, dan gravitasi dibuat dalam vektor untuk penggambaran objek dalam ruang 3 dimensi. Penggambaran objek semburan partikel digunakan cara proyeksi dibantu dengan fungsi-fungsi OpenGL. Semburan partikel terbentuk dari ribuan titik yang membentuk seperti air mancur. Masing-masing titik ini mempunyai kecepatan awal, sudut elevasi, dan usia tertentu. Kecepatan awal, sudut elevasi dan usia diberikan secara acak menurut nilai yang sudah ditentukan. Usia menentukan partikel akan menghilang, dan akan segera ditembakkan kembali dari titik awal sehingga partikel akan terlihat tidak pernah habis. User interface dibuat dalam file teks. Penggunaannya mirip seperti suatu bahasa pemrograman yaitu dengan menggunakan perintah-perintah dan inisialisasi nilai. Banyak variasi yang bisa didapatkan, misalnya diputar pada sumbu, berjalan pada jalur, muncul pada waktu tertentu, dapat ditampilkan lebih dari satu dengan sifat dan karakteristik yang berbeda-beda. Perangkat lunak ini dapat memvisualisasikan semburan partikel dengan konsep physically based modeling Karena tidak memperhitungkan faktor kohesi, semburan partikel yang diharapkan mirip dengan semburan air mancur, tampak lebih menyerupai semburan kembang api. Untuk kebutuhan kecepatan, lebih baik ditambah kemampuan menyimpan dalam suatu file movie. Dapat juga ditambah kemampuan efek memantul, pemandangan dapat diambil dari suatu file tertentu, adanya efek pencahayaan dan lain-lain.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatic
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 06 Nov 2013 03:53
Last Modified: 06 Nov 2013 03:53
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/6246

Actions (login required)

View Item View Item