Herliyanti, Lili (2001) Pengukuran Kinerja Hotel Purnama Dengan Balanced Scorecard. [Undergraduate thesis]
Full text not available from this repository. (Request a copy)Abstract
Hotel Purnama merupakan salah satu hotel berbintang empat yang terletak di Batu-Malang, yang mulai beroperasi pada tanggal 8 Januari 1974. Selama ini dalam mengukur keberhasilan kinerjanya perusahaan lebih terfokus pada laporan keuangan. Kondisi persaingan yang ketat dan sesuai yang dialami perusahaan, menuntut pengukuran kinerja yang lebih kompleks dan relevan untuk memenuhi kebutuhan informasi sehubungan dengan aspek finansial, pelanggan, proses bisnis internal, karyawan dan pemegang saham, yang berpengaruh bagi penentuan strategi perusahaan untuk mencapai tujuan perusahaan yang ditentukan. Perusahaan memerlukan suatu metode pengukuran kinerja secara menyeluruh. Metode yang dapat memenuhi kebutuhan adalah metode Balanced Scorecard yang mengukur kinerja perusahaan dari empat perspektif, yaitu financial perspective, customer perspective, internal business perspective dan learning and growth perspective secara seimbang. Pengukuran Balanced Scorecard dilakukan dengan menerjemahkan visi, misi dan strategi hotel Purnama, selanjutnya strategi dihubungkan dengan pengukuran critical success factors dari empat perspektif dalam Balanced Scorecard. Pada tiap tiap perspektif tersebut ditentukan tujuan, tolok ukur dan target yang menjadi dasar pengukuran kinerja perusahaan. Pada financial perspective, tolok ukur yang digunakan adalah inventory turnover, account receivable turnover, return on investment dan profit margin on sales. Pada customer perspective, tolok ukur yang digunakan adalah number of complaint dan sales growth. Pada internal business perspective, tolok ukur yang digunakan adalah customer per labor hour dan fasilitas pelayanan baru perusahaan. Pada learning and growth perspective, digunakan tolok ukur employee turnover, employee training dan absenteism. Berdasarkan hasil pengukuran kinerja yang dilakukan sesuai dengan rancangan Balanced Scorecard, didapatkan pengukuran kinerja hotel Purnama tahun 1998 adalah 1,65, tahun 1999 adalah 1,975 dan tahun 2000 adalah 2,125. Secara keseluruhan penilaian kinerja hotel Purnama pada tahun 1998-2000 adalah sudah cukup baik dan cenderung mengalami peningkatan. Namun demikian, perusahaan harus berusaha untuk mempertahankan memperbaiki dan meningkatkan kinerja perusahaan yang telah dicapai secara berkesinambungan.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering |
Depositing User: | Karyono |
Date Deposited: | 06 Nov 2013 04:10 |
Last Modified: | 06 Nov 2013 04:10 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/6253 |
Actions (login required)
View Item |