., Selvy (2003) Visualisasi dari Simulasi Wator. [Undergraduate thesis]
Full text not available from this repository. (Request a copy)Abstract
Dalam ekosistem, terjadi hubungan makan-dimakan antara makhluk hidup yang disebut rantai makanan. Proses rantai makanan ini sangat mempengaruhi keseimbangan dalam ekosistem dan dipengaruhi oleh banyak faktor, faktor yang utama adalah jumlah predator dan jumlah mangsanya. Jika persediaan makanan bagi predator sedikit maka populasinya akan menurun dan dapat menyebabkan kepunahan pada jenis predator tersebut. Sebaliknya jika populasi mangsa banyak maka akan menyebabkan kondisi terlalu padat sehingga mengganggu ekosistem. Untuk melakukan pengamatan terhadap ekosistem tidaklah mudah kacena akan terhalang oleh waktu, biaya dan tempat pengamatan. Oleh karena itu dibuatlah suatu perangkat lunak sebagai visualisasi dari simulasi kehidupan predator dan mangsanya yang lebih dikenal sebagai simulasi wator. Pada simulasi wator, dilakukan pengamatan terhadap ikan hiu sebagai pemangsa dan ikan sebagai mangsanya. Simulasi wator mempunyai pacameter awal berupa ukuran lingkungan, batas overcrowded, ukuran ikan, jumlah ikan, kemampuan ikan-ikan tersebut bereproduksi, jumlah anak yang dapat dilahirkan, masa hidup maksimum ikan, dan tingkat kelaparan ikan pemangsa. Semua ikan dapat berkembangbiak dengan melahirkan dan dapat mati pada saat tua. Khusus untuk hiu, ia dapat mengejar mangsanya jika merasa lapar dan jika tidak mendapatkan makanan dalam jangka waktu tertentu maka hiu tersebut akan mati. Jika populasi kedua ikan sangat banyak dan memenuhi ekosistemnya maka semua ikan akan mati kacena kondisi overcrowded. Simulasi dilakukan dengan memasukkan parameter untuk simulasi yaitu parameter yang menyatakan ada berapa hari yang terlewatkan dalam satu kali looping proses. Jika ingin mempercepat simulasi maka parameter ini dapat · diperbesar. Untuk memvisualisasikan ekosistem !aut ini, lingkungan digambarkan dalam bentuk akuarium 3 dimensi dimana ikan-ikan dapat bertransformasi didalanmya. User dapat melakukan penganlalan terhadap simulasi ini dengan menggerakkan kamera Jika dirasa populasi suatu ikan terlalu padat, maka user dapat membantu untuk mengurangi jumlahnya dengan melal..-ukan interaksi pada keyboard. Pada akhirnya, user dapat melihat hasil simulasi langsung pada layar monitor dan dapat melakukan simulasi ini secaca berlanjut ataupun memulai simulasi dari awal. Hasil yang didapat untuk proses simulasi akan sedikit berbeda dengan visualisasinya Sebab proses pergerakan ikan menggunakan satuan hari dan proses mengejac mangsa menggunakan satuan loop. Jika ingin lebih fokus pada proses simulasi maka proses mengejar mangsa dapat diabaikan sehingga pemangsa yang merasa lapar dapat langsung mendapatkan makan tanpa ada batasan tertentu. Oleh karena itu sesuai tujuan pembuatan tugas akhir ini, proses difokuskan pada visualisasi daripada simulasinya Secara garis besar, proses visualisasi ini akan memberikan tampilan berupa proses pergerakan ikan dalam ruang 3 dimensi, proses mengejar mangsa, proses melahirkan dan proses kematian.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Informatic |
Depositing User: | Masyhur 196042 |
Date Deposited: | 07 Nov 2013 02:35 |
Last Modified: | 07 Nov 2013 02:35 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/6296 |
Actions (login required)
View Item |