Hubungan Antara Sikap Terhadap Produk Makanan Tambahan Bagi Binaraga dan Peranan Kelompok Acuan Dengan Niat Membeli

Pragiwaksana, Tommy Sulistyarso (2002) Hubungan Antara Sikap Terhadap Produk Makanan Tambahan Bagi Binaraga dan Peranan Kelompok Acuan Dengan Niat Membeli. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/148857

Abstract

Perkembangan dunia olah raga khususnya olah raga binaraga yang akhir-akhir ini mengalami perkembangan cukup pesat di tanah air menyebabkan membanjirnya beraneka ragam produk makanan tambahan bagi binaraga. Banyaknya jenis dan merek dagang produk yang dipasarkan menyebabkan persaingan dalam dunia usaha. Dengan tersedianya berbagai macam merek dan jenis produk makanan tambahan yang ada, membuat konsumen lebih mudah dalam memilih dan memutuskan produk apa yang akan digunakan. Oleh karena itu untuk mengerti tentang pemasaran harus juga mengerti tingkah laku pembeli. Sebelum seseorang membeli suatu produk, ada suatu mediator yang mendasari seseorang dalam bertingkah laku yang disebut niat membeli. Niat membeli ini dipengaruhi oleh 2 faktor yaitu sikap konsumen terhadap produk dan peranan kelompok acuan konsumen yang memberi masukan tambahan bagi konsumen. Bagaimana sikap konsumen terhadap produk makanan tambahan bagi binaragawan dan bagaimana peranan kelompok acuan mempengaruhi konsumen dalam niat membeli produk makanan tambahan bagi binaraga. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data menggunakan angket dan pemilihan subyek penelitian dengan teknik purposive sampling dengan subyek penelitian sebanyak: 30 orang yaitu 23 orang anggota laki-laki dari pusat kebugaran dan binaraga "Dynasty" dan 7 orang atlit binaraga yang pernah membeli atau menggunakan produk makanan tambahan untuk binaraga. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi dan korelasi parsial. Dari hasil analisis data diketahui bahwa ada hubungan yang sangat signifikan antara sikap terhadap produk makanan tambahan bagi binaragawan dan peranan kelompok acuan dengan niat membeli dengan nilai F = 326.982 (p<0,01). Dari korelasi parsial diketahui ada hubungan yang sangat signifikan antara sikap terhadap produk makanan tambahan bagi binaragawan dengan niat membeli dengan nilai r2,y-l = 0.682 (p<0,01). Ada hubungan yang signifikan antara peranan kelompok acuan dengan niat membeli dengan rl,y-2 = 0.444 (p<0,05). Dari hasil penelitian tersebut disarankan untuk penelitian selanjutnya lebih memperhatikan karakteristik sampel yang lebih spesifik dan jelas juga aitem tentang niat membeli dilengkapi atau ditambah jumlah aitemnya sehingga pernyataan dari angket tersebut dapat lebih mewakili subyek.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 08 Nov 2013 07:35
Last Modified: 08 Nov 2013 07:35
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/6354

Actions (login required)

View Item View Item