Studi Karakteristik Teleworker

Dewayanti, Anita (2002) Studi Karakteristik Teleworker. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/148852

Abstract

Teleworking adalah adalah cara bekerja dari mana saja, tidak tergantung tempat, tetapi dapat berkomunikasi satu dengan yang lainnya dan semuanya dapat dilakukan melalui media internet tanpa harus si pegawai berada di kantor fisik. Bagi beberapa orang bekerja dengan cara ini merupakan pilihan yang ideal. Namun tidak semua orang memenuhi syarat sebagai seorang teleworker yang baik. Seorang teleworker paling tidak harus mempunyai karakter-karakter yang dapat menunjang kesuksesan kerja sebagai teleworker. Diantaranya adalah, motivasi diri (bekerja secara mandiri, kemampuan organisasi, kemampuan menghadapi tugas yang bermacam-macam, pengetahuan tentang piranti lunak, kemampuan menyesuaikan diri), disiplin diri (kemampuan untuk membuat keputusan, kemampuan manajemen waktu, belajar dengan cepat dan menerapkannya sesuai kebutuhan, bekerja dalam tekanan), menekankan pada hasil, antusias dengan pekerjaannya, dapat diandalkan, mampu mengkomunikasikan informasi secara penuh dan efektif tentang tugas yang dikerjakannya, dan bertanggung jawab terhadap pekerjaannya Populasi dari penelitian ini adalah lima orang teleworker yang diambil dari 2 perusahaan. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan ciri-ciri teleworker penuh (fill/time), dan sudah bekerja sebagai teleworker minimal 3 tahun Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara dan angket Analisis data menggunakan uji konkordansi Kendall W. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa dari ketujuh karakter hampir sama dan tidak mempunyai perbedaan yang terlalu besar dari masing-masing karakter Hal ini dapat dilibat dari basil jumlah wawancara dan mean rank yang tidak terlalu berbeda antara karakter satu dengan yang lainnya, yang tidak ada perbedaan antara subyek satu dengan subyek lainnya dalam menilai karakteristik yang ada. Hasil rankingnya adalah; bertanggung jawab terhadap pekerjaannya menduduki urutan pertama yaitu pada ranking 2,50, lalu diikuti dengan karakter reliabel ada ranking 3,30, antusias dengan pekerjaannya pada ranking 3,80, self motivation pada ranking 4.20 mampu mengkomunikasikan informasi secara penuh dan efektif tentang tugas yang dikerjakannya pada ranking 4,60, dan urutan terakhir adalah self-discipline serta menekankan pada hasil pada ranking ke 4,80 Begitu juga dengan hasil wawancara, rata-rata subyek tidak menganggap satu karakter lebih baik atau lebih berpengaruh dari karakter lainnya, masing-masing saling mempengaruhi dan saling membantu Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar hasil penelitian ini kiranya dapat dijadikan tambahan informasi mengenai masalah yang berhubungan dengan teleworking pada umumnya dan karakteristik teleworker pada khususnya, dapat menjadi pertimbangan bila perusahaan yang ingin merekrut calon teleworker dengan memperhatikan karakter-karakter yang ada.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 11 Nov 2013 07:02
Last Modified: 11 Nov 2013 07:02
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/6356

Actions (login required)

View Item View Item