Siswanto, Jenny (2002) Sikap Konsumen Terhadap Karakteristik Produk Kartu Sim Prabayar. [Undergraduate thesis]
Full text not available from this repository. (Request a copy)Abstract
Beragam kartu SIM parabayar yang ditawarkan oleh masing-masing operator ponsel membuat pelanggan harus menghadapi berbagai alternatif piliban kartu SIM prabayar sebelum memutuskan untuk memilih. Penelitian ini dilakukan untuk mengukur sikap konsumen terhadap karakteristik produk kartu SIM prabayar simPATI, Pro-XL dan : MENTARI. Ada 6 penggolongan aspek yang dapat diukur dari karakteristik produk yaitu kualitas dan layanan, fasilitas, harga, merek dan reputasi produsen, kebutuhan serta kepraktisan. Teknik pengambilan sampel incidental, penelitian ini membidik masyarakat Surabaya yang menggunakan salah satu dari ketiga kartu SIM prabayar tersebut antara umur 20-40 tahun, baik yang sudah bekerja maupun yang belum bekerja. Angket diberikan pada 105 responden dengan perincian tiap kartu SIM prabayar terdiri dari 35 angket. Responden kebanyakan berasal dari lingkungan psikologi Universitas Surabaya baik dosen, karyawan dan mahasiswa maupun dari bengkel mesin di jalan Kali Rungkut. Homogenitas dan normalitas sebagai syarat dari teknik statistik parametrik tidak terpenuhi maka sebagai gantinya penelitian ini menggunakan teknik statistik non parametrik Kruskal Wallis. Hasilnya menunjukkan bahwa secara keseluruhan terdapat perbedaan sikap konsumen terhadap karakteristik produk pada ketiga produk kartu SIM prabayar tersebut, dilihat dari Chi Square 10,660 dan p(sig)<O,Ol. Pada kartu simPATl, aspek harga paling positip (mean rank 69,54) dibandingkan aspek lainnya yaitu merek dan reputasi produsen (mean rank 64,97), kepraktisan (mean rank 63,96), kualitas dan layanan (mean rank 63,01), fasilitas (mean rank 61,49) dan kebutuban (mean rank 57,36). Pada kartu Pro-XL, aspek kualitas dan layanan paling positip (mean rank 61 ,50) dibandingkan aspek lainnya yaitu fasilitas (mean rank 57,90), kepraktisan (mean rank 57,03), merek dan reputasi produsen (mean rank 51,34), kebutuhan (mean rank 50,71) dan harga (mean rank 30,97). Pada kartu MENTARI, aspek harga yang paling positip (mean rank 58,49) dibandingkan aspek lainnya yaitu kebutuhan (mean rank 50,93), merek dan reputasi produsen (mean rank 42,69), kualitas dan layanan (42,69), fasilitas (mean rank 39,61) dan kepraktisan (mean rank 38,01). Penerimaan hasil penelitian ini harus dilakukan dengan lebih hati-hati mengingat dalam penelitian ini tidak menggunakan sampel yang benar-benar mewakili karakteristik sampel yang ingin diteliti sehingga hanya berlaku untuk sebagian lingkup kecil dan tidak dapat digeneralisasikan pada seluruh populasi serta tidak memenuhi syarat dilakukannya analisis statistik parametrik.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | Masyhur 196042 |
Date Deposited: | 12 Nov 2013 03:17 |
Last Modified: | 12 Nov 2013 03:17 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/6382 |
Actions (login required)
View Item |