Penerapan Analisis Value Chain Dalam Usaha Untuk Mencapai Cost Leadership Pada Perusahaan Ubin Utama Di Mojokerto

Setiyowati, Lilik Endang (2002) Penerapan Analisis Value Chain Dalam Usaha Untuk Mencapai Cost Leadership Pada Perusahaan Ubin Utama Di Mojokerto. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/153178

Abstract

Persaingan yang semakin ketat menuntut badan usaha agar mampu bersaing dengan competitors sejenis. Salah satu strategi yang dipakai untuk mencapai competitive advantage (keunggulan bersaing) dengan menciptakan cost leadership melalui analisis value chain. Untuk mencapai competitive advantage, harus melihat badan usaha secara keseluruhan aktivita"' yang dilakukan badan usaha antara lain meneliti, mendesain, membuat, memasarkan, mendistribusikan dan memberikan pelayanan (services) kepada konsumen. Value chain memilah-milah suatu badan usaha ke dalam berbagai aktivitas antara lain aktivitas utama (primary activities) dan aktivitas pendukung (support activities). Primary, activities terdiri dari aktivitas inbound logistics, operations, outbound logistics, marketing and sales dan services_ Sedangkan support activities terdiri dari aktivitas procurement, technology development, human resource management dan firm infrastructure. Kemudian dilakukan pemisahan biaya berdasarkan aktivitas yang dilakukan badan usaha sehingga diketahui aktivitas-aktivitas yang value-added (memberikan nilai tambah bagi konsumen dan atau bagi badan usaha) dan aktivitas-aktivitas yang nonvalue-added (tidak memberikan nilai tambah baik bagi konsumen maupun badan usaha). Aktivitas nonvalue-added inilah yang diusahakan untuk dieliminasi untuk mencapai cost reduction. Dari hasil analisis value chain dapat diketaui distribusi biaya pada tiap value activities yang kemudian dilakukan koordinasi dan optimasi secara lebih baik untuk mencapai efisiensi dan efektivitas_ Sehingga akhirnya dapat menurunkan total biaya badan usaha secara keseluruhan. Penurunan biaya melalui cost reduction ini mengakibatkan penurunan harga jual sehingga badan usaha mampu bersaing dengan competitors sejenis dan cost leadership dapat tercapai.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 13 Dec 2013 03:42
Last Modified: 13 Dec 2013 03:42
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/6529

Actions (login required)

View Item View Item