Analisa Terhadap Service Dan Value Dihubungkan Dengan Loyalitas Konsumen Pada Rumah Makan Ayam Goreng Ny. Suharti

Handoko, Richie and Wirawan, Wongso (1998) Analisa Terhadap Service Dan Value Dihubungkan Dengan Loyalitas Konsumen Pada Rumah Makan Ayam Goreng Ny. Suharti. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/231124

Abstract

Semakin ketatnya persaingan dalam bidang usaha restoran atau rumah makan serta dalam usahanya memberikan kepuasan konsumen, pihak rumah makan tidak cukup hanya dengan mcnjual produk secara fisik saja, tetapi perlu memperhatikan nilai atau citra apa yang dapat diberikan kepada konsumen. Hal ini menjadi masukan bagi pihak manajemen rumah makan, khususnya bagi rumah makan ayam goreng Ny Suharti yang selalu ingin memuaskan konsumen, tetapi belum menyadari sepenuhnya akan pentingnya manfaat nilai tersebut. Oleh karena itu perlu diteliti dan digali service dan value yang diinginkan konsumen sehingga konsumen tidak hanya memperoleh makanan yang sehat dan bergizi, namun juga memperoleh nilai atau citra yang dirasakan dari service dan value yang ditawarkan. Penelitian dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada konsumen yang makan di rumah makan ayam goreng Ny. Suharti Hal ini bertujuan untuk menganalisa service dan value yang diinginkan konsumen yang didasarkan pada perhatian konsumen terhadap service dan value di rumah makan ayam goreng Ny_ Suharti, tingkat loyalitas konsumen, karakteristik konsumen, nilai gaya hidup konsumen, dan kesesuaian antara ekspektasi konsumen dengan persepsi konsumen terhadap kualitas layanan pada rumah makan ayam goring Ny Suharti. Untuk menggali service dan value yang diinginkan konsumen, metode analisa yang digunakan adalah analisa deskriptif untuk mengetahui alasan yang menyebabkan konsumen makan di rumah makan ayam goreng Ny. Suhani, halhal yang diutamakan konsumen serta Jatar belakang konsumen secara umum. Analisa cluster untuk mengelompokan konsumen berdasaJkan tingkat loyalitasnya dilanjutkan dengan analisa diskrimman untuk mengetahui persentase kebenaran pengelompokan, analisa manova untuk mencari variabel yang membedakan cluster tersebut. Analisa selanjutnya adalah analisa ketergantungan untuk mengetahui ketergantungan cluster dengan Jatar belakang konsumen. Selanjutnya dilakukan analisa penentuan gaya hidup tiap duster, analisa gap 5 untuk mengetahui kesesuaian antara ekspektasi konsumen dengan persepsi konsumen terhadap kualitas Jayanan dan analisa pcncarian value yang diinginkan konsumen. Dengan demikian untuk tiap cluster akan menghasilkan responden dengan tingkat loyalitas yang berbeda, latar belakang yang berbeda, gaya hidup yang berbeda, serta service dan value yang diinginkan juga berbeda. Hasil ini menjadi masukan bagi rumah makan ayam goreng Ny. Suharti guna meningkatkan kepuasan konsumen dan membuat konsumen menjadi semakin loyal dengan memberikan nilai atau citra yang dirasakan dari service dan value yang ditawarkan kepada konsumen agar dapat bertahan dalam persaingan dengan rumah makan yang lain.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Moch. Ali Syamsudin 197011
Date Deposited: 13 Dec 2013 06:47
Last Modified: 13 Dec 2013 06:58
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/6538

Actions (login required)

View Item View Item