Analisis Ekuitas Merek Produk Jean Dalam Menghadapi Produk Kompetitor

Andyanto, Natalia (1999) Analisis Ekuitas Merek Produk Jean Dalam Menghadapi Produk Kompetitor. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/231125

Abstract

Pada masa krisis ekonomi seperti saat ini, harga barang mengalami kenaikan. Seperti halnya celana jean Levi's yang mempunyai banyak merek kompetitor, salah satunya "Lea" sehingga menyebabkan timbulnya persaingan demi dominasi merek, dimana merek merupakan salah satu aset perusahaan yang paling bernilai. Oleh karena itu pihak perusahaan harus pandai-pandai menyusun strategi yang tepat dalam menghadapi persaingan tersebut sehingga perusahaan tidak kehilangan konsumen dan tidak tergeser posisinya di pasar, dimana untuk menguasai pasar perusahaan harus mempunyai pasar dengan merek yang dominan. Oleh karena itu suatu merek harus menjadi kuat, yaitu dengan memiliki ekuitas merek yang tinggi. Ekuitas merek terdiri dari loyalitas merek (brand loyalty), kesadaran merek (brand awareness), asosiasi-asosiasi merek (brand association) dan persepsi kualitas (perceived quality). Penelitian dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada konsumen yang pernah menbeli dan menggunakan celana jean Levi's dan/ celana jean Lea. Hal ini bertujuan untuk mengetahui ekuitas merek dari responden celana jean Levi's dibandingkan dengan responden celanajean Lea. Analisa Factor dilakukan pada variabel-variabel kesan kualitas yang bertujuan untuk mengelompokkan variabel. Analisa Cluster dlakukan untuk mengelompokkan konsumen berdasarkan faktor kesan kualitas, kemudian dilanjutkan dengan analisa Diskriminan untuk mengetahui persentase kebenaran pengelompokan. Analisa Manova dilakukan untuk mencari mean yang berbeda pada tiap cluster yang terbentuk. Selanjutnya dilakukan analisa Ketergantungan untuk mengetahui ketergantungan cluster dengan latar belakang konsumen sehingga diketahui karakteristik pada tiap cluster. Untuk mengetahui asosiasi merek dan kesan kualitas dilakukan dengan penentuan skor terhadap variable variabel pembentuknya. Dari penelitian ini dapat dihasilkan suatu kesimpulan bahwa nilai Ekuitas Merek celana jean Levi's dan celana jean Lea sudah cukup tinggi, tetapi Ekuitas Merek celana jean Levi's lebih tinggi jika dibandingkan celana jean Lea. Namun secara umum konsumen produk celana jean cenderung kurang loyal terhadap merek tertentu. Dan hasil ini dapat menjadi masukan bagi perusahaan untuk lebih meningkatkan keloyalan konsumen. Atau secara umum untuk lebih meningkatkan ekuitas merek celana jean.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Moch. Ali Syamsudin 197011
Date Deposited: 27 Nov 2013 07:48
Last Modified: 27 Nov 2013 07:48
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/6586

Actions (login required)

View Item View Item