Perbaikan Penjadwalan Proses Produksi Dengan Memperhatikan Perawatan Mesin Di CV. Palapa

., Natalia (2000) Perbaikan Penjadwalan Proses Produksi Dengan Memperhatikan Perawatan Mesin Di CV. Palapa. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/231127

Abstract

Dewasa ini tingkat persaingan dalam dunia bisnis sangat ketat. Agar dapat bertahan perusahaan harus terus berusaha meningkatkan pelayanannya. Hal utama yang harus diperhatikan dalam peningkatan pelayanan adalah penerimaan produk sesuai kualitas dan waktu yang telah disepakati. CV. PALAPA adalah perusahaan yang bergerak pada bidang pembuatan laminated board dan furniture dengan orientasi ekspor. Khusus untuk melayani permintaan furniture dari Amerika CV. PALAPA mendirikan anak perusahaan yaitu PT. Hasindo yang masih dipimpin secara langsung oleh direktur CV. PALAPA. Selama ini PT. Hasindo sering mengalami keterlambatan dalam pengiriman pesanan karena banyak waktu terbuang unutk merefinishing produk cacat dan penjadwalan produksi yang kurang tepat. Banyak produk cacat yang dihasilkan karena pemakaian mata yang tumpul sehingga hasil pemotongan kasar dan timbul bulu-bulu kayu. Sedangkan penjadwalan produksi dilakukan hanya berdasarkan earliest due date untuk produk dan urutan perakitan untuk menjadwalkan komponen. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan metode perawatan mesin yang optimal untuk mengurangi produk cacat dan perbaikan penjadwalan produksi dengan memperhatikan perawatan mesin untuk mengurangi keterlambatan. Untuk mengetahui keberadaan metode perawatan yang selama ini dilakukan perusahaan, dilakukan pengambilan data cacat dengan menggunakan peta kontrol 'p'. Pada peta kontrol dapat terlihat dengan jelas bahwa metode yang selama ini dilakukan perusahaan menyebabkan banyak produk cacat. Untuk memperbaikinya waktu antar penggantian mata pisau dipersingkat sampai waktu tercapainya batas kontrol atas. Kemudian dilakukan perbandingan biaya antara metode perawatan awal dengan metode perawatan perbaikan. Ternyata terjadi penghematan sebesar Rp. 219.615.785,9 /tahun. Pengurutan produk tetap dilakukan dengan metode Earliest Due Date, hanya saja untuk produk dengan due date sama diurutkan kembali dengan menggunakan metode Shortest Processing Time. Sedangkan pengurutan job dilakukan berdasarkan latest start proses ( waktu terlambat suatu proses harus sudah dimulai). Untuk menjadwalkan mesin perlu diperhatikan waktu penggantian pisau yang baru. Dengan penjadwalan usulan tersebut dapat mengurangi keterlambatan pengiriman produk selama satu hari kerja.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Moch. Ali Syamsudin 197011
Date Deposited: 27 Nov 2013 07:37
Last Modified: 27 Nov 2013 07:37
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/6589

Actions (login required)

View Item View Item