Analisis Perilaku Dan Tingkat Kepuasan Pendengar Anak Muda Radio Wijaya FM Surabaya

., Aquino (1999) Analisis Perilaku Dan Tingkat Kepuasan Pendengar Anak Muda Radio Wijaya FM Surabaya. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/231133

Abstract

Pertumbuhan radio-radio swasta di Surabaya dalam 10 tahun terakhir ini sangat pesat, terutama pada gelombang FM (Frequensi Modulation). Kini jumlah stasiun radio bergelombang FM di Surabaya mencapai 12 buah. Hal menyebabkan persaingan antar stasiun semakin ketat dalam memperebutkan audience, belum lagi ditambah dengan perkembangan teknologi tape recorder yang dilengkapi dengan remote control yang menyebabkan semakin mudahnya audience untuk mengubah gelombang radio apabila program acara yang didengarkan tidak enak dan juga kue iklan yang semakin mengecil sebagai imbas dari krisis ekonomi yang terjadi belakangan ini. Hal ini disadari oleh pihak manajemen radio Wijaya, oleh karena perlu diketahui persepsi dan ekspektasi pendengar anak muda terhadap kualitas program acara radio Wijaya, agar dapat dilakukan perbaikan-perbaikan yang diperlukan sehingga program acara yang disiarkan benar-benar dapat memuaskan pendengar anak muda. Selain itu pihak radio Wijaya juga harus peka membaca selera, perilaku pendengar anak mudanya dan juga gaya hidupnya, sehingga dari sini dapat dirumuskan strategi pemasaran yang tepat, sehingga dari strategi pemasaran ini maka pihak radio Wijaya dapat mempertahankan audiencenya, dan juga diharapkan dapat merebut audience dari radio lain yang akan berimbas pada pemasukan iklan dan juga kelangsungan hidup dari radio Wijaya sendiri. Penelitian dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada pendengar anak muda yang pernah mendengarkan radio Wijaya, usia antara 13-24 tahun dan sebagai pelajar atau mahasiswa. Hal ini bertujuan untuk mengetahui segmentasi, perilaku mendengarkan, tingkat ekspektasi dan persepsi sehingga dapat diketahui tingkat kepuasan pendengar anak muda. Dari pengolahan data, maka dapat diketahui latar belakang pendengar anak muda dan perilaku mendengarkan anak muda secara umum, dapat mengelompokan pendengar anak muda menjadi 3 segmen yaitu segmen affluent, achiever dan loner, selain itu dapat mengetahui variabel-variabel yang menimbulkan terjadinya kesenjangan. Dengan demikian dapat diketahui varabel variable yang menyebabkan ketidakpuasan pendengar anak muda terhadap radio Wijaya, sehingga sebagai langkah terakhir dalam penelitian ini dilakukan usulan perencanaan strategi pemasaran dan perbaikan kepada P. T Wijaya FM. Hasil yang didapat adalah bahwa terjadi kesenjangan terhadap beberapa variabel pada ketiga segmen gaya hidup, sehingga pihak manajemen sebaiknya berusaha untuk melakukan perbaikan terhadap variabel-variabel yang memiliki kesenjangan, sehingga pendengar anak muda menjadi puas dalam mendengarkan radio wijaya. Penelitian ini diharapkan dapat membantu P.T. Wijaya FM untuk memperbaiki kualitas acara dan penyiamya sehingga pendengar anak mudanya semakin betah dalam mendengarkan radio Wijaya.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Moch. Ali Syamsudin 197011
Date Deposited: 22 Nov 2013 04:06
Last Modified: 22 Nov 2013 04:06
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/6597

Actions (login required)

View Item View Item