Analisis Perilaku Konsumen Swalayan Kampusku Dan Perancangan Strategi Pemasaran

Kusuma, Carmelia (1999) Analisis Perilaku Konsumen Swalayan Kampusku Dan Perancangan Strategi Pemasaran. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/231600

Abstract

Pada keadaan perekonomian sekarang ini tiap bidang usaha dituntut untuk memiliki strategi pemasaran yang baik karena selain kondisi di Indonesia sekarang ini mengalami krisis, konsumen semakin selektif dalam membelanjakan uangnya. Banyak swalayan-swalayan menawarkan bermacam-macam bentuk promosi untuk menarik konsumen agar mau membeli produknya sehingga persaingan antar swalayan tidak dapat dihindari dan salah satunya adalah swalayan Kampusku. Swalayan Kampusku ingin memuaskan konsumen utamanya yaitu konsumen swalayan Kampusku (dosen, mahasiswa, karyawan dan masyarakat lingkungan sekitar Ubaya yang sudah pemah berbelanja) maupun konsumen potensial. Penyebaran kuesioner kepada konsumen potensial (konsumen yang belum pernah ke swalayan kampusku) dimaksudkan untuk mengetahui variable apa saja yang dipentingkan oleh konsumen potensial dalam berbelanja pada suatu swalayan dan bagaimanakah tingkat loyalitas masyarakat disekitar Ubaya yang belum pernah ke swalayan Kampusku apakah mereka tergolong Hard Core, Soft Core, Shifting atau Switcher. Karakteristik masing-masing kelompok konsumen atau dapat diketahui dari analisis cross tabs. Kebutuhan dan harapan konsumen swalayan Kampusku (sebagai konsumen utama) dapat diketahui dengan melihat apakah terdapat kesenjangan (gap) antara ekspektasi dengan persepsi mereka dengan melakukan analisis gap 5. Dari analisis ini dapat diketahui variabel-variabel apa saja yang perlu mendapat perhatian khusus yaitu variabel yang terdapat pada kuadran I dan IV sedangkan untuk konsumen potensial didapatkan dengan melihat variabel-variabel apa saja yang rata-ratanya diatas variabel ekspektasi secara keseluruhan. Sedangkan untuk mengetahui variabel apa saja yang berbeda antar kelompok konsumen diketahui dari analisis manova. Dengan mengetahui hasil ekspektasi dan persepsi konsumen tersebut maka pihak manajemen dapat mengetahui apa sesungguhnya yang diharapkan oleh konsumen, selanjutnya menyesuaikan strategi operasionalnya dan pemasarannya berdasarkan data tentang persepsi dan ekspektasi konsumen tersebut. Strategi pemasaran dirancang berdasarkan dimensi 4P yaitu Product, Price, Place, dan Promotion untuk masing-masing kelompok konsumen. Untuk konsumen swalayan Kampusku strategi pemasaran dirancang berdasarkan variabel yang ada dikuadran I dan IV dan untuk konsumen potensial berdasarkan variabel-variabel yang dipentingkan dalam berbelanja di suatu swalayan.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Moch. Ali Syamsudin 197011
Date Deposited: 22 Nov 2013 03:19
Last Modified: 22 Nov 2013 03:19
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/6607

Actions (login required)

View Item View Item