Balanced Scorecard Customer Perspective sebagai informasi pengukuran kinerja dalam rangka meningkatkan kinerja dan pelayanan pada PT ASTRA International Isuzu cabang Kombes Duryat

., Irawan (2002) Balanced Scorecard Customer Perspective sebagai informasi pengukuran kinerja dalam rangka meningkatkan kinerja dan pelayanan pada PT ASTRA International Isuzu cabang Kombes Duryat. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/153167

Abstract

PT. Astra Isuzu Cabang Kombes Duryat merupakan badan usaha yang bergerak dibidang otomotif, yaitu melakukan penjualan mobil, spare part, dan service. Setiap badan usaha selalu mempunyai visi dalam menjalankan badan usahanya, tetapi tidak semua badan usaha dapat menyalurkan visi ke bagian operasional dengan baik sehingga bagian operasional tidak memahami keinginan dari pihak manajemen tingkat atas dan pengkomunikasiannya sangatlah terbatas. Untuk dapat memperjelas misi tersebut maka dibutuhkan misi, dimana visi dan misi diimplementasikan dengan menggunakan strategi yang tepat. Balanced Scorecard merupakan solusi yang tepat sebagai pengukuran kinerja PT. Astra Isuzu Cabang Kombes Duryat yang mampu menerjemahkan visi, misi dan strategi badan usaha kedalam serangkaian pengukuran kinerja dari empat sudut pandang, yakni financial perspective, customer perspective, internal business process perspective dan learning and growth percpective yang dapat ditangkap oleh bagian operasional. Namun pada skripsi ini pembahasan hanya dibatasi pada castomer perspective saja karena customer perspective dianggap yang paling penting karena pelanggan merupakan partner yang paling penting bagi badan usaha apabila pelanggan mendapatkan perhatian utama dari badan usaha dan puas dengan pelayanan badan usaha maka badan usaha dapat memenangkan persaingan yang semakin ketat dalam mempertahankan pelanggan lama dan merebut pelanggan baru. Setelah misi diterjemahkan, maka dibutuhkan sasaran-sasaran berupa critical success factor yang dapat diukur dengan critical measurement, dari critical measuremen, ini karyawan bagian operasional dapat melihat kontribusi masing-masing bagian, sehingga dapat menimbulkan motivasi dan kinerja mereka khususnya dari sudut pandang pelanggan. Balanced Scorecard dengan didukung oleh sistem kompensasi yang tepat yaitu memberikan bonus/kompensasi sesuai dengan sumbangsih yang diberikan dalam pencapaian strategi badan usaha akan merupakan suatu kombinasi yang bagus dalam meningkatkan motivasi karyawan, informasi yang diperoleh akan memberitahukan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki oleh badan usaha. Melalui pemahaman ini Astra Isuzu Kombes Duryat akan dapat melakukan langkah-langkah improvement menuju tercapainya tujuannya.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 13 Dec 2013 02:15
Last Modified: 13 Dec 2013 02:15
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/6613

Actions (login required)

View Item View Item