Analisa Marketing Mix dan Service Quality di Atlanta Rib s Surabaya

Sutjipto, Lindawati (2000) Analisa Marketing Mix dan Service Quality di Atlanta Rib s Surabaya. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/136566

Abstract

Setiap perusahaan harus memperhatikan kepuasan konsumen dengan memberikan kualitas layanan yang terbaik, karena hal ini dapat memberikan keuntungan dalam jangka waktu yang panjang bagi perusahaan tersebut. Oleh karena itu, kemampuan meningkatkan kepuasan konsumen secara terus-menerus adalah syarat mutlak bagi kelangsungan hidup dan kesuksesan suatu perusahaan. Kualitas layanan yang baik yang diberikan oleh suatu restoran akan menimbulkan citra positif, baik terhadap restoran itu sendiri maupun terhadap produknya. Oleh karena itu restoran ATLANTA RIB'S menganggap perlu untuk mengetahui apa yang menjadi harapan konsumennya selama ini. Karena pada umumnya, kenyataan yang diterima konsumen seringkali berbeda dengan harapannya. Untuk itu maka ATLANTA RIB'S memerlukan suatu perencanaan strategi pemasaran, yaitu pada bauran pemasaran yang terdiri dari Product, Price, Place, Promotion dan juga pada kualitas layanan yang diberikan kepada pengunjung. Penelitian dilakukan dengan cara menyebarkan angket kepada konsumen yang datang dengan berbagai tujuan. Dengan dasar tersebut maka pengelompokan pengunjung didasarkan pada tujuan kedatangan responden yang dibedakan menjadi tiga kelompok, yaitu tujuan sekedar makan, bisnis dan undangan. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif untuk mengetahui latar belakang konsumen secara umum. Analisis selanjutnya adalah analisis ketergantungan yang bertujuan mengetahui latar belakang dari kelompok yang terbentuk. Kemudian diadakan analisis SWOT yang bertujuan untuk mengetahui variabel-variabel yang menjadi kelemahan-kelemahan pada masing masing kelompok kelompok yang terbentuk. Hasil yang didapat ternyata pada segmen sekedar makan variabel marketing mix yang perlu diperbaiki adalah pada product, place, dan price. Begitu juga pada segmen bisnis dan segmen undangan. Sedangkan pada variabel service, pada segmen sekedar makan, variabel yang perlu diperbaiki adalah pada faktor fasilitas, cara penyajian restoran dan performance karyawan. Sedangkan untuk segmen bisnis meliputi faktor fasilitas restoran, ruangan restoran, cara penyajian dan sistem restoran. Untuk segmen undangan variabel-variabel yang perlu diperbaiki adalah pada faktor fasilitas, cara penyajian restoran, performance karyawan, ruangan restoran dan sistem restoran. Kemudian dilanjutkan penyebaran dengan menggunakan kuesioner perbaikan guna memperbaiki kelemahan-kelemahan pada pengunjung restoran ATLANTA RIB'S. Hasil yang diperoleh diharapkan dapat membantu ATLANTA RIB'S untuk menyusun strategi pemasaran untuk memperbaiki kelemahan-kelemahan tersebut sehingga konsumen dapat menjadi puas.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Moch. Ali Syamsudin 197011
Date Deposited: 21 Nov 2013 06:49
Last Modified: 21 Nov 2013 06:49
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/6623

Actions (login required)

View Item View Item