Pembuatan Animasi Karakter dan Prosedural Pada 3D Studio Max

Fardiansyah, Muhammad (2001) Pembuatan Animasi Karakter dan Prosedural Pada 3D Studio Max. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/137591

Abstract

Teknologi komputer yang sudah semakin maju saat ini juga sudah merambah pada dunia perfilman. Termasuk di dalamnya adalah film yang sepenuhnya menggunakan animasi tiga dimensi. Trend penggunaan teknologi animasi tiga dimensi tersebut dimulai oleh keluarnya film Toy Story produksi Pixar/Disney pada tahun 1995. Meskipun perkembangan saat ini sudah cukup maju, kebanyakan orang masih berpikir pembuatan film animasi tiga dimensi adalah sesuatu hal yang tidak mungkin dilakukan oleh komputer pribadi. Anggapan tersebut tidak sepenuhnya salah karena untuk membuat film animasi dengan skala besar dibutuhkan sumber daya yang besar pula. Tetapi untuk membuat sebuah film animasi dengan skala yang lebih kecil sebenarnya saat ini perangkat keras maupun perangkat lunak yang tersedia sudah sangat mencukupi. Menganimasikan sebuah karakter adalah suatu hal yang cukup menarik. Bagaimana karakter tersebut dapat menampakkan kepribadian pada saat ia bergerak, berbicara, ataupun hanya sekedar berdiri. Selain itu yang juga menarik adalah pembuatan animasi prosedural. Animasi prosedural ini sangat cocok digunakan untuk membuat animasi sebuah fenomena alam misalnya aliran sebuah benda cair, gerakan sekelompok binatang dan masih banyak lagi. Tugas akhir ini dibuat untuk menunjukkan proses pembuatan sebuah film animasi pendek mulai dari proses desain hingga menjadi film. Termasuk didalamnya terdapat antara lain penjelasan mengenai prinsip animasi karakter, cara pembuatan obyek dengan berbagai macam metode, membuat sebuah karakter dapat digerakkan, dan pembuatan sebuah animasi prosedural dengan contoh sebuah simulasi flocking. Untuk pembuatannya digunakan software 3D Studio MAX R3 dengan berbagai software penduknng lainnya. Yang diharapkan dengan penulisan tugas akhir ini adalah menumbuhkan minat pembaca pada dunia animasi khususnya animasi tiga dimensi.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatic
Depositing User: Hari Subagijo 201031
Date Deposited: 22 Nov 2013 02:35
Last Modified: 22 Nov 2013 02:35
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/6629

Actions (login required)

View Item View Item