Analisis Kepuasan Pelanggan Dalam Menggunakan Jasa Radio Panggil Pada PT. Ww Di Surabaya

Nangoi, Esther Herson (1996) Analisis Kepuasan Pelanggan Dalam Menggunakan Jasa Radio Panggil Pada PT. Ww Di Surabaya. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/231179

Abstract

Seiring dengan perkembangan teknologi telekomunikasi, maka semakin banyak bermunculan perusahaan radio panggil, khususnya di Surabaya yang saat ini sudah ada lebih dari 7 perusahaan radio panggil yang harus bersaing untuk mendapatkan pelanggan. Perusahaan radio panggil tergolong pada perusahaan yang lebih mengutamakan jasa daripada produk nyatanya. Oleh karena itu pelayanan atau service menjadi sangat penting bagi perusahaan radio panggil. Perusahaan berusaha untuk semaksimal mungkin membuat pelanggan merasa puas terhadap pelayanan yang diberikannya agar mereka dapat bersaing dengan perusahaan yang lainnya. Tetapi untuk dapat memberikan pelayanan yang maksimal, efektif dan efisien maka perusahaan harus selalu mengontol kualitas pelayanan yang diberikan kepada pelanggan. Selain hal tersebut, maka ada segi lain yang perlu diperhatikan agar dapat memberikan pelayanan yang maksimal, yaitu kepada siapa pelayanan diberikan atau kepada orang yang bagaimana (sifat dan karakter) pelayanan itu diberikan. Hal ini berarti perusahaan harus mengetahui segmen dan karaktristik dari pelanggannya. Dengan terpenuhinya kebutuhan dan harapan pelanggan, maka pelanggan akan puas, dan rasa puas tersebut akan menyebabkan mereka betah atau tidak mempunyai keinginan untuk pindah ke perusahaan radio panggil yang lain. Bahkan tidak menutup kemungkinan mereka juga akan merekomedasikan radio panggilnya ke orang lain atau mungkin rekan bisnisnya, dan lain-lain. Pelanggan PT. Ww secara keseluruhan dibagi menjadi 2 yaitu pelanggan pribadi dan perusahaan. Dimana pelanggan pribadi akan dianalisa lebih mendalam, karena jumlahnya yang mendominasi jumlah keseluruhan pelanggan. Metode analisis untuk pelanggan pribadi adalah analisa cluster untuk mengelompokkan responden berdasarkan persepsinya terhadap pelayanan yang diberikan PT. Ww, analisa diskriminan untuk mencari atau menentukan karakteristik dari kelompok yang terbentuk, sehingga dapat dicari strategi untuk mengadakan perbaikan layanan dan juga strategi untuk pemasaran yang lebih efektif dan efisien. Metode analisis untuk pelanggan perusahaan adalah analisa deskriptif dan analisa faktor untuk mengelompokkan variabel-variabel ke dalam beberapa faktor utama yang penting dan untuk melihat sampai di mana tingkat kepuasan dari pelanggan perusahaan terhadap pelayanan PT. Ww. Bila tingkat kepuasan pelanggan dapat diketahui, dan tindakan perbaikan layanan dilakukan, maka hal ini dapat meningkatkan daya saing PT. Ww dengan perusahaan radio panggil lainnya selain itu dapat memelihara pelanggan yang sudah ada, dan juga dapat menjaring pelanggan baru dengan lebih banyak.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Users 147 not found.
Date Deposited: 13 Dec 2013 02:24
Last Modified: 13 Dec 2013 02:24
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/6664

Actions (login required)

View Item View Item