Analisis Perilaku Konsumen Ayam Goreng President Surabaya

Lulu, Lulu (2000) Analisis Perilaku Konsumen Ayam Goreng President Surabaya. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/136604

Abstract

Saat ini semakin banyak rumah makan yang baru berdiri dan memiliki variasi produk yang banyak. Hal ini menyebabkan konsumen tidak lagi hanya mementingkan pada produk makanannya saja tetapi juga memperhatikan aspek aspek penunjang lainnya, seperti tempatnya, suasananya, pelayanannya dan lain lain. Sehingga suatu rumah makan baru dapat dikatakan sukses bila rumah makan tersebut dapat memenuhi kebutuhan dan memberikan kepuasan kepada konsumennya baik dalam hal produknya maupun fasilitas penunjang lainnya. Dalam lingkungan persaingan yang ketat dan terus menerus berubah, pihak rumah makan ayam goreng President harus mengetahui variabel-variabel persepsi kualitas dari konsumennya untuk meningkatkan variabel yang memiliki tingkat persepsi kualitas yang rendah dan untuk mempertahankan bahkan meningkatkan variabel yang memiliki tingkat persepsi kualitas yang sudah tinggi. Untuk mengetahui kelompok konsumen dari rumah makan ayam goreng President, maka dilakukan analisa tipe dan latar belakang konsumen, selain itu juga melihat gaya hidup dari konsumen rumah makan ayam goreng President untuk mengusulkan strategi perbaikan berdasarkan gaya hidup mayoritas konsumennya. Dari pengamatan, maka didapatkan variabel-variabel persepsi kualitas yang nilainya masih rendah, yaitu variabel fasilitas parkir, variabel tanggapan yang cepat dan variabel pendekatan pemilik kepada konsumen. Untuk variable fasilitas parkir, dilihat dari gaya hidup mayoritas responden yaitu achiever (merupakan seorang yang achievement oriented -- pencapaian tujuan secara langsung) maka dilakukan perbaikan dengan cara pengaturan parkir kendaraan yang lebih efisien oleh tukang parkir yang sudah ditraining oleh pihak rumah makan President dan menyediakan juru parkir tambahan pada jam-jam sibuk untuk mempermudah dan mempercepat proses parkir dari para pelanggan. Pada variabel tanggapan yang cepat, dilihat dari gaya hidup konsumen yang mayoritas achiever dilakukan perbaikan untuk mempercepat pelayanan oleh para pelayan dengan berjaga di pintu dapur bila tidak sedang melayani atau sesudah selesai melayani, karena selama ini para pelayan yang baru selesai melayani atau tidak sedang melayani biasanya berada di dalam dapur dan menunggu perintah dari pemilik bila ada order dari pelanggan sehingga pelayanan kurang cepat. Selain itu bagi para pelanggan yang masih memiliki keluhan dan saran yang belum bias ditanggapi saat itu juga, pihak rumah makan menyediakan kotak keluhan dan saran. Untuk variabel pendekatan pemilik kepada konsumen, bagi orang achiever yang menyukai pergaulan yang luas dilakukan perbaikan dengan cara pemilik lebih sering tersenyum dan berbasa-basi dengan konsumen agar konsumen merasa lebih nyaman dan untuk lebih saling mengenal dengan pelanggannya.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Moch. Ali Syamsudin 197011
Date Deposited: 13 Dec 2013 02:18
Last Modified: 13 Dec 2013 02:18
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/6692

Actions (login required)

View Item View Item