Analisa Perilaku Konsumen Dalam Berpindah Merek Handphone.

Sanjoyo, Budi (2001) Analisa Perilaku Konsumen Dalam Berpindah Merek Handphone. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/136399

Abstract

Saat ini banyak sekali ponsel-ponsel baru bermunculan. Dalam proses pengembangan setiap produknya, para produsen ponsel selalu mengawali dengan rangkaian observasi yang menyeluruh dan mendalam mengenai perilaku, kebutuhan dan gaya hidup manusia. Untuk memenuhi keinginan pelanggannya, para produsen ponsel menciptakan beragam produk ponsel yang berbeda untuk kalangan yang berbeda pula. Hasil observasi tersebut lebih jauh tertuang dalam berbagai fitur dan fasilitas yang disediakan oleh berbagai macam tipe ponsel. Dari fenomena diatas maka tidak heran apabila para pelanggan ponsel memiliki banyak pilihan untuk menentukan merek dan tipe ponsel yang cocok bagi dirinya. Karena saat ini banyak sekali ponsel-ponsel baru dengan fasilitas yang baru juga menyebabkan para pelanggan ponsel ingin berpindah dari merek ponsel yang satu dengan merek ponsel yang lain. Yang dulunya memakai ponsel merek Nokia, sekarang berpindah ke merek Ericson, dan masih banyak lagi perubahan perilaku pelanggan ponsel yang disebabkan oleh teknologi selalu berkembang. Dari sini maka dalam penelitian ini ingin mengetahui perilaku perpindahan dari satu merek ponsel ke merek yang lain. Penelitian dilakukan dengan cara menyebarkan angket kepada konsumen yang membeli maupun menukar ponselnya dengan ponsel merek lain di Active Cell WTC lantai III ruang 336. Hal ini bertujuan untuk mengetahui alasan kecenderungan perpindahan dari merek ponseJ tertentu ke merek yang lain. Pada analisis ini dibedakan atas dua kelompok yaitu kelompok pertama adalah kelompok responden yang mengganti ponselnya dengan merek yang lain sebelumnya. dan kelompok kedua adalah kelompok responden yang tidak berganti merek ponsel dengan yang digunakan sebelumnya dalam kurun waktu 1 tahun terakhir. Analisis selanjutnya adalah analisis faktor yang bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang melatarbelakangi keputusan pembelian dan kemudian analisis ketergantungan untuk melihat latar belakang konsumen. Kemudian diadakan analisis kuadran yang bertujuan untuk mengetahui variable variable yang menjadi kelemahan-kelemahan pada masing-masing kelompok kelompok yang terbentuk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen dibedakan menjadi dua kelompok berdasarkan perpindahan merek ponsel yaitu 115 responden (57.5%) adalah mereka yang pernah mengganti merek ponselnya dengan merek yang lain dalam I tahun terakhir ini (kelompok I) dan ada 85 responden (42.5%) yang tidak berganti merek dengan ponsel merek lain dalam I tahun terakhir (kelompok II). Dalam segi kepentingan, kelompok I dan kelompok II memiliki perbedaan urutan kepentingannya. Mereka yang termasuk dalam kelompok suka berganti merek (kelompok I) lebih mementingkan pada bentuk fisik kemudian suara yang dihasilkan oleh ponsel, penunjang luar dan yang terakhir adalah faktor penunjang. Sedangkan pada kelompok II juga lebih mementingkan bentuk fisik sedangkan pada urutan kedua lebih mementingkan pada penunjang luar, penunjang dan terakhir adalah faktor suara yang dihasilkan.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Moch. Ali Syamsudin 197011
Date Deposited: 02 Dec 2013 07:17
Last Modified: 02 Dec 2013 07:17
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/6714

Actions (login required)

View Item View Item