Analisis Gaya Hidup Eksekutif Di Surabaya dan Sekitarnya Ditinjau Dari Pendekatan Demografis

Anita, Listiani (2001) Analisis Gaya Hidup Eksekutif Di Surabaya dan Sekitarnya Ditinjau Dari Pendekatan Demografis. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/136275

Abstract

Kaum eksekutif yang berdomisili di Jakarta dan sekitarnya merupakan kelompok masyarakat yang memiliki gaya hidup yang sangat glamour dan serba wah apalagi dengan didukung oleh kemampuan finansial yang tinggi. Saat ini, mereka semakin terbentuk pola belanjanya, juga pola kepemilikan produk atau jasa yang serba eksklusif, pola pemilihan kegiatan yang kian beragam, pola keanggotaan dalam klub-klub tertentu yang kian membudaya, serta pola investasi yang kian selektif sehingga mereka merupakan pasar yang sangat menarik bagi para produsen, pemasar, dan para pelaku bisnis. Dari berbagai literatur penunjang yang telah dikumpulkan, didukung hasil wawancara terhadap para pebisnis yang memfokuskan diri dalam melayani segmen ini, serta dari observasi awal untuk memantau para eksekutif di Surabaya dan sekitarnya diperoleh gambaran awal tentang potret gaya hidup para eksekutif di Surabaya yang tidak jauh berbeda dengan di Jakarta, dimana para eksekutif di Surabaya dan sekitarnya ini mulai menunjukkan kecenderungan gaya hidup mewah. Oleh karena itu, dengan memadukan dua pendekatan, yaitu pendekatan demografis dan psikografis, dilakukan analisis gaya hidup para eksekutif di Surabaya dan sekitarnya dengan melakukan proses eksplorasi kemudian dilanjutkan dengan proses komparatif untuk memberikan masukan tentang arah gaya hidup para eksekutif di Surabaya dan sekitarnya dibandingkan dengan para eksekutif di Jakarta untuk menguak peluang bisnis apa dan bagaimana sajakah yang siap digarap serta mengaplikasikan strategi yang tepat untuk menggarap para eksekutif ini. Hasil penelitian secara keseluruhan menunjukkan bahwa secara demografis, dapat disimpulkan bahwa para eksekutif yang diteliti mayoritas pria berusia muda, berpendidikan tinggi, dan berpenghasilan di atas rata-rata, secara umum gaya hidup mereka cukup wah. Berdasarkan dari tinjauan psikografis, para eksekutif di Surabaya dan sekitarnya ini memiliki beberapa karakteristik atau faktor utama pembentuk gaya hidup, yaitu: Self Centered, Adventurous, Perfectionist, Rational, Inspiring, Self reliant, Hard working, Balanced, Achievement, Assertive, Fun - loving, Show - offi, Scrupulous, Hedonistic, Self confident, Open-minded, Aesthetic, dan Scheduled. Kemudian., setelah dilakukan proses clustering, ternyata para eksekutif ini dapat dikelompokkkan dalam 6 cluster yang memiliki karakteristiknya masing-masing, mayoritas adalah type gaya hidup The Achiever (40,1%), selanjutnya The Experiencer(14,5%), The-who-am-I-market(11,5%), The Vigilante Society(11,2%), The Sleepwalker(7,9%), dan The Cholerical Commander(14,5%). Selanjutnya, setelah dilakukan proses komparatif terhadap gaya hidup para eksekutif di Surabaya dan sekitarnya dengan gaya hidup para eksekutif di Jakarta, ternyata menunjukkan fakta bahwa gaya hidup para eksekutif di Surabaya juga wah, serta para eksekutif sudah merupakan pasar yang tepat untuk produk dan jasa eksklusif. Strategi yang harus diterapkan antara lain dengan lebih menekankan nilai emosional, memberikan kualitas dan layanan prima, serta strategi dalam mengkomunikasikan produk yang lebih khusus, dan bahkan bila perlu dengan melakukan pendekatan individualized marketing, sehingga pelayanan bisa lebih difokuskan.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Moch. Ali Syamsudin 197011
Date Deposited: 02 Dec 2013 08:35
Last Modified: 02 Dec 2013 08:35
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/6726

Actions (login required)

View Item View Item