Analisa Strategi Pemasaran Rumah Makan Ayam Goreng MAMA dalam Perkembangan Industri Rumah Makan Ayam Goreng di Surabaya

Prajasantosa, E. Gunawan (2001) Analisa Strategi Pemasaran Rumah Makan Ayam Goreng MAMA dalam Perkembangan Industri Rumah Makan Ayam Goreng di Surabaya. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/136340

Abstract

Perkembangan industri rumah makan semakin pesat dengan berbagai macam kebijaksanaan dan strategi pemasarannya masaing-masing. Ada rumah makan yang berkembang dengan pesat tetapi ada juga yang malah gulung tikar. Strategi pemasaran yang ditetapkan pihak perusahaan sangat berpengaruh terhadap kelangsungan hidup dari industri tersebut. Dalam hal ini penulis mencoba untuk meneliti strategi pemasaran yang diterapkan oleh Rumah Makan Ayam Goreng "Mama" yang bisa dikatakan berhasil dalam mengembangkan industri rumah makan ayam goreng. Pada penelitian yang dilakukan oleh penulis, ditemukan kesenjangan antara harapan dan penilaian konsumen terhadap strategi pemasaran yang dilakukan oleh pihak perusahaan. Strategi pemasaran yang awal ternyata ditangkap dengan kekurangpuasan konsumen terhadap strategi tersebut. Oleh karena itu penulis berusaha untuk memberikan sumbangan jalan keluar yang diharapkan jalan keluar tersebut dapat memberikan kontribusi bagi kedua belah pihak, baik pihak konsumen maupun pihak perusabaan. Adapun tahap-tahap penelitian yang dilakukan penulis adalah pertama tama melakukan penyederhanaan sudut pandang dengan metode analisis faktor kemudian dilanjutkan dengan analisis cluster dengan tujuan membagi konsumen menjadi 2 segmen. Dari analisis cluster berlanjut pada analisis asosiasi (crosstab) untuk melihat perbedaan latar belakang dari responden. Berangkat dari analisis asosiasi, berlanjut pada metode analisis kepuasan konsumen untuk tiap segmen. Setelah penulis memfokuskan permasalahan pada I segmen saja maka dicari strategi usulan pemasaran yang baru yang lebih menitikberatkan pada satu segmen tersebut tanpa secara ekstrim tidak mengindahkan segmen yang lain. Metode yang digunakan dalam penentuan strategi usulan pemasaran adalah analisis kuadran. Dari metode-metode yang telah dipakai didapatkan beberapa hasil analisis seperti dibaginya 9 dimensi dari 30 variabel harapan yang kemudian melalui analisis cluster terbagi menjadi 2 segmen yaitu segmen "Remaja" dan segmen "Usahawan" dimana ada 4 perbedaan demografi yaitu perbedaan usia, jenis pekerjaan, pengeluaran I bulan dan frekuensi kunjungan. Dengan melakukan analisis kepuasan konsumen ditentukan segmen mana yang akan kita eksploitasi. Dari hasil analisis diperoleh bahwa segmen yang dipilih untuk dieksploitasi adalah segmen "Usahawan" karena sangat berpotensial memberikan profit bagi perusahaan. Dengan analisis kuadran, strategi usulan pemasaran diharapkan dapat menjadi "jembatan" antara kepuasan konsumen dengan perusahaan. Dengan analisis kuadran untuk segmen "Usahawan" diharapkan dapat menghasilkan strategi usulan pemasaran yang tepat bagi perusahaan, strategi yang usulan berdasarkan analisis kuadran antara lain: mempertahankan dimensi kebersihan, produk, pelayan dan promosi serta meningkatkan dimensi entertain, tempat parkir dan keistimewaan. Diharapkan dengan strategi usulan pemasaran ini bisa meningkatkan kepuasan konsumen, loyalitas konsumen, volume penjualan dan akhirnya meningkatkan profit bagi perusahaan.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Moch. Ali Syamsudin 197011
Date Deposited: 11 Dec 2013 07:24
Last Modified: 11 Dec 2013 07:24
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/6728

Actions (login required)

View Item View Item