Analisis Customer Value Di Salon Rita.

Sugiyo, Feliantry (2001) Analisis Customer Value Di Salon Rita. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/136527

Abstract

Seiring dengan jaman yang semakin maju, banyak salon yang didirikan, sehingga menyebabkan terjadinya persaingan di bidang jasa tersebut. Selain itu kebutuhan konsumen juga semakin meningkat. Oleh karena itu manajemen salon selalu berusaha memenuhi kebutuhan pelanggan sehingga dapat memberikan kepuasan kepada pelanggan. Untuk itu, salon bukan hanya harus memperhatikan product value dan service value saja, namun juga perlu memperhatikan value lain (image, suasana, logo) yang diinginkan pelanggan. Musik adalah termasuk value lain yang penting dan besar pengaruhnya untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan semangat kerja karyawan. Sehingga akan diteliti lebih lanjut mengenai value-value tersebut, yang diharapkan dapat memberikan masukan-masukan bagi perkembangan salon Rita. Penelitian ini dilakukan dengan cara menyebarkan 2 buah kuesioner. Kuesioner pertama bertujuan untuk mengetahui karakteristik pelanggan, tingkat kepuasan pelanggan berdasarkan value-value yang ada, dan harapan pelanggan terhadap value-value yang ada di salon Rita. Sedangkan kuesioner kedua adalah kuesioner musik yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh musik terhadap semangat kerja karyawan. Berdasarkan jam kedatangan dan didukung hasil pengolahan didapatkan 3 kelompok pelanggan. Kelompok pelanggan 1 datang pada pukul 09.00-12.00, kelompok pelanggan 2 datang pada pukul 12.01-15.00, dan kelompok pelanggan 3 datang pada pukul 15.01-19.00. Dari hasil pengolahan juga diperoleh bahwa variabel product value yang perlu diperbaiki adalah peralatan yang digunakan, kualitas shampoo dan kualitas tonik. Untuk variabel service value yang perlu diperbaiki adalah kerapian karyawan, pelayanan saat menyisir rambut, dan pelayanan saat mencuci rambut. Sedangkan untuk variabel value lain yang perlu diperbaiki adalah faktor suasana, faktor komunikasi dan faktor fasilitas dan nuansa. Selain itu dari hasil pengolahan juga diperoleh bahwa musik mampu meningkatkan semangat kerja karyawan, sehingga musik merupakan strategi yang tepat untuk dilakukan karena selain dapat memperbaiki faktor suasana, fasilitas dan nuansa juga mampu memberi efek positif bagi karyawan. Untuk variable product value dapat melakukan strategi yaitu membersihkan dan merawat peralatan dengan teratur dan pemberian shampoo dan tonik rambut sesuai jenis rambut pelanggan. Sedangkan untuk variabel service value dapat melakukan strategi dengan menjaga kerapian karyawan, menyisir dan mencuci rambut pelanggan dilakukan dengan hati-hati dan perlahan-lahan. Selain itu untuk factor suasana, fasilitas dan nuansa dapat melakukan strategi dengan mengatur temperatur AC dan jenis musik yang diputar, yaitu pukul 09.00-12.00 temperatur AC ± 24° C, jenis musik Pop Indonesia dan pop Barat, pukul 12.01-15.00 temperatur AC ± 20° C, jenis musik pop Indonesia dan Dangdut, pukul 15.01- 19.00 temperatur AC ± 24° C, jenis musik pop Indonesia dan Dangdut. Hasil yang diperoleh diharapkan dapat menjadi masukan bagi salon Rita sehingga meningkatkan kepuasan pelanggannya.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Moch. Ali Syamsudin 197011
Date Deposited: 04 Dec 2013 07:31
Last Modified: 04 Dec 2013 07:31
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/6750

Actions (login required)

View Item View Item