Devi, Christien and Lilyana, Ester (1998) Analisa Perilaku Konsumen Dan Strategi Bersaing Laboratorium Klinik Prodia. [Undergraduate thesis]
Full text not available from this repository. (Request a copy)Abstract
Peningkatan pendapatan perkapita penduduk menyebabkan perubahan pola pengeluaran penduduk Indonesia berubah. Berdasarkan data yang tercatat pada tahun 1995 pendapatan per kapita penduduk lndonesia adalah sebesar US$ 1,023, yang berarti puh lebih baik bila dibandingkan dengan 10 tahun yang lalu. Akibat dari semakin meningkatnya tingkat pendapatan perkapita penduduk Indonesia tersebut menyebabkan terjadinya fenomena sosiologis dalam masyarakat Indonesia yang dapat direfleksikan 4 dalam gaya hidup (life style) masyarakat Indonesia yang seringkali berubah-ubah mengikuti trend yang ada. Salah satu perubahan yang tampak dalam masyarakat Indonesia adalah semakin besarnya tingkat kepedulian masyarakat terhadap sektor kesehatan. Salah satu bagian dalam sektor kesehatan tersebut adalah laboratorium klinik yang akhir-akhir ini jumlahnya semakin banyak. Dulu pasien mengalami kesulitan untuk melakukan check-up karena hanya bergantung pada laboratorium klinik yang disediakan oleh rumah sakit. Hal itulah yang menyebabkan semakin banyaknya laboratorium klinik. Dalam usahanya untuk memenuhi kepuasan konsumen seringkali pihak manajemen hanya berdasar pada tingkat persepsinya sendiri. Mereka mempunyai keyakinan bahwa fasilitas dan pelayanan yang diberikan dapat memuaskan konsumen. Padahal dalam kenyataannya, konsumen belum tentu merasa puas akan fasilitas dan pelayanan yang diberikan oleh suatu laboratorium klinik dan mendapatkan fasilitas dan pelayanan yang tidak sesuai dengan apa yang diharapkan oleh konsumen. Ketidaksesuaian antara harapan konsumen dan persepsi manajemen serta ketidaksesuaian antara harapan dan persepsi konsumen menyebabkan konsumen tidak loyal terhadap suatu laboratorium klinik. Dalam memenuhi keinginan konsumen tersebut dilakukan penelitian untuk mengetahui karakteristik konsumen maupun hal-hal pokok tentang konsumen terhadap kualitas pelayanan yang diterimanya maupun fasilitas laboratorium klinik yang diharapkan. Dengan penelitian ini diharapkan dapat diketahui keinginan konsumen sehingga dapat memenuhi kriteria kepuasan konsumen dengan meningkatkan kualitas pelayanan di laboratorium klinik sebagai salah satu faktor dalam sektor kesehatan.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering |
Depositing User: | Users 147 not found. |
Date Deposited: | 04 Dec 2013 04:06 |
Last Modified: | 04 Dec 2013 04:06 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/6759 |
Actions (login required)
View Item |