Analisa Persepsi Dan Ekspektasi Pengunjung Museum Mpu Tantular Dalam Rangka Memperbaiki Kualitas Layanan

., Patricia and Suryani, Linda (1998) Analisa Persepsi Dan Ekspektasi Pengunjung Museum Mpu Tantular Dalam Rangka Memperbaiki Kualitas Layanan. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/233601

Abstract

Salah satu fungsi dari museum adalah sebagai industri pariwisata yang bertujuan untuk mengenalkan peninggalan bersejarah terutama di daerah dimana museum itu berada. Museum Mpu Tantular merupakan satu-satunya museum di propinsi Jawa Timur yang dikelola langsung oleh pemerintah dan dipakai sebagai contoh bagi museum -museum lainnya. Selama ini keberadaan museum Mpu Tantular kurang dihargai oleh masyarakat, hal ini mungkin disebabkan karena perfomance museum Mpu Tantular kurang memenuhi harapan dan keinginan Oleh sebab itu maka pihak manajemen museum perlu terus membenahi dan menyempurnakan perfomance yang ada agar sesuai dengan harapan dan keinginan pengunjung. Salah satu caranya adaJah dengan mengadakan survey untuk mengukur kepuasan dan harapan pengunjung museum Mpu Tantular yang kemudian diolah dan digunakan untuk meningkatkan kualitas layanan yang ada. Metode yang digunakan adalah analisa deskriptif untuk melihat dan mengukur prosentase dari demografi pengunjung pada umumnya ; analisa KMeans Cluster dan Discriminant untuk mengelompokkan pengunjung ke dalam cluster ; analisa Crosstabs untuk melihat variabel-variabel demografi yang melatarbelakangi cluster ; analisa Manova untuk melihat variabel-variabel pembeda cluster; dan analisa Gap untuk melihat kesenjangan- kesenjangan yang terjadi antara persepsi pengunjung dengan ekspektasi pengunjung, persepsi manajemen tentang harapan pengunjung dengan harapan pengunjung, persepsi manajemen tentang harapan pengunjung dengan standart yang ada, standart yang ada dan penyampaiannya, dan komunikasi ekstemainya. Dari hasil analisa diberikan usulan -usulan perbaikan untuk meningkatkan kualitas layanan sesuai dengan keinginan dan harapan pengunjung. Dengan meningkatkan kualitas layanannya diharapkan museum Mpu Tantular dapat meningkatkan perfomancenya.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Moch. Ali Syamsudin 197011
Date Deposited: 05 Dec 2013 02:32
Last Modified: 05 Dec 2013 02:32
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/6787

Actions (login required)

View Item View Item