Analisis Kepuasan Distributor dan Konsumen dari Segi Quality, Cost dan Delivery di PT. Cakra Guna Cipta Malang

., Shelvy (2001) Analisis Kepuasan Distributor dan Konsumen dari Segi Quality, Cost dan Delivery di PT. Cakra Guna Cipta Malang. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of TM_1585_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
TM_1585_Abstrak.pdf

Download (59kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/136284

Abstract

Tuntutan pelanggan semakin hari semakin tinggi, bila tuntutan tersebut tidak dapat dipenuhi oleh perusahaan maka pelanggan akan beralih ke perusahaan lain yang sejenis. Untuk memenangkan persaingan, maka perusahaan harus memperhatikan tiga tuntutan pelanggan yaitu berkaitan dengan product dan service quality, cost dan delivery. Salah satu caranya adalah memperbaiki, meningkatkan dan mempertahankan Service Logistic yang baik. Dari kuesioner yang telah disebarkan, diketahui bahwa masalah yang terbesar dari hasil kuesioner distributor adalah masalah cost dan delivery. Sedangkan masalah terbesar dari hasil kuesioner konsumen adalah masalah cost. Rancangan perbaikan yang diusulkan terhadap masalah-masalah tersebut di atas adalah: untuk masalah cost adalah dengan mengaplikasikan metode Activity-Based Costing untuk perhitungan biaya produk sebenarnya. Untuk masalah delivery yaitu dengan perencanaan produksi untuk menentukan kapasitas produksi yang dibutuhkan. Hasil penetapan biaya produk dengan metode ABC menyebabkan distorsi pada CHI2IN sebesar 0,27%, CHI2EX sebesar 3,95%, CHI6IN sebesar 0,20%, CF12IN sebesar 3,77%, CF16BR sebesar 5,22%, CF16MR sebesar 5,36%, CRM16B sebesar 5,13%, dan CRM16M sebesar 5,29%. Dari nilai penjualan dan kapasitas produksi periode Mei 2000 sampai April 2001, diketahui bahwa CF12IN, CF16BR, dan CF16MR bermasalah dalam segi delivery yaitu jumlah rokok yang dikirim oleh perusahaan tidak sesuai dengan jumlah yang dipesan oleh distributor dalam hal ini jumlah yang dikirim lebih sedikit dari jumlah yang dipesan. Perbaikan yang dilakukan adalah penambahan kapasitas produksi terutama pada bagian verpak sebanyak 7 pekerja menjadi 44 pekeda. Dari hasil analisis Decision Grid, dapat diusulkan prioritas pemenuhan permintaan terutama ditujukan pada distributor dalam kategori winners dan potentials. Hasil analisis yang ada diharapkan dapat memberi masukan bagi pihak perusahaan untuk menentukan strategi dalam memenangkan persaingan.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Moch. Ali Syamsudin 197011
Date Deposited: 10 Dec 2013 08:12
Last Modified: 14 Dec 2015 06:20
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/6823

Actions (login required)

View Item View Item