Analisa Variabel-variabel Yang Mempengaruhi Volume Penjualan Pada Industri Kimia Dan Farmasi Yang Telah Go Publik Di Bursa Efek Surabaya

Lienardi, Eric (2000) Analisa Variabel-variabel Yang Mempengaruhi Volume Penjualan Pada Industri Kimia Dan Farmasi Yang Telah Go Publik Di Bursa Efek Surabaya. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/231153

Abstract

Suatu perusahaan tidak terlepas dari dunia industrinya dimana prestasi kinerja yang dicapai harus dilihat dalam konteks yang menyeluruh dengan perusahaan-perusahaan lain yang sejenis dalam industri tersebut. Oleh karena itu berbagai industri tidak akan dapat terlepas dari situasi persaingan. Dalam hal ini fungsi dari pihak manajemen sangatlah penting, karena salah satu tugas dari manajemen tersebut adalah berhasil menyalurkan barang dan/atau jasa yang dihasilkan perusahaan dengan harga yang kompetitif dalam pangsa pasar yang ada. Secara garis besar tugas dan motivasi dari manajemen adalah mencapai profitabilitas yang tinggi dan volume penjualan yang sesuai dengan target perusahaan. Oleh karena itu penulis menitikberatkan pada variabel-variabel yang mempengaruhi volume penjualan pada bidang industri, yang meliputi variable persediaan barang dagangan, variabel piutang usaha, variabel aktiva tetap (mesin-mesin), dan variabel biaya promosi. Penulis melakukan penelitian pada bidang industri kimia dan farmasi yang telah go publik di Bursa Efek Surabaya. Dalam melakukan penelitian ini, penulis menggunakan model Analisis Regresi Berganda untuk menganalisa pengaruh koefisien parameter variabel-variabel independen terhadap variabel dependennya, yaitu volume penjualan, sehingga diperoleh hasil bahwa ternyata volume penjualan dipengaruhi oleh keempat variable di atas sebesar 99,3%, dimana variabel persediaan barang dagangan dan biaya promosi memberikan kontribusi yang besar terhadap volume penjualan. Dari hasil penelitian tersebut, saran yang dapat diberikan oleh penulis kepada pihak manajemen adalah bahwa dalam usaha peningkatan volume penjualan, pengelolaan biaya promosi dan persediaan barang dagangan harus dilahirkan seefektif mungkin.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Hari Subagijo 201031
Date Deposited: 12 Dec 2013 06:42
Last Modified: 12 Dec 2013 06:42
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/6951

Actions (login required)

View Item View Item