CAL Bahasa Jepang Tingkat Dasar

Verawati, Yosephine (2002) CAL Bahasa Jepang Tingkat Dasar. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/233435

Abstract

Bahasa Jepang tingkat dasar adalah bahasa Jepang yang mempelajari susunan kalimat dasar bahasa Jepang, huruf Jepang (Hiragana, Katagana dan Kanji), bilangan, waktu dan kata-kata dasar bahasa Jepang. Bahasa Jepang tingkat dasar ini sangat penting karena merupakan dasar untuk lebih memahami lagi bahasa Jepang dalam tingkatan selanjutnya lagi, sehingga perlu dipahami dengan baik. Dari hasil wawancara yang telah dilakukan pada beberapa mahasiswa, dan karyawan, dapat diketahui kesulitan-kesulitan yang dihadapi dalam memahami bahasa Jepang, yaitu kesulitan dalam membaca huruf Jepang, kesulitan dalam pengejaan kalimat bahasa Jepang, tidak ingin terikat oleh waktu dengan mengikuti kursus bahasa Jepang, dan biaya kursus yang cukup mahal. Salah satu penyelesaian yang dicoba untuk mengatasi permasalahan di atas adalah dengan memanfaatkan teknologi komputer yaitu metode CAL (Computer Aided Learning). Melalui tugas akhir ini dibuat suatu perangkat lunak yang diharapkan dapat digunakan untuk membantu pemakai baik itu karyawan, pengusaha ataupun mahasiswa dalam memahami bahasa Jepang tingkat dasar terutama dalam memahami huruf Jepang dan pengejaan kalimat dasar bahasa Jepang. Perangkat lunak CAL yang dibuat ini menyajikan pembelajaran bahasa Jepang secara bertahap, cara penulisan huruf Jepang dan soal-soal bahasa Jepang maupun soal-soal huruf Jepang. Pada CAL dibutuhkan interaksi dari pemakai, agar pemakai tidak hanya melihat tetapi secara aktif belajar. Soal-soal yang ada dikerjakan oleh pemakai kemudian program akan mengevaluasi jawaban yang diberikan oleh pemakai. Dari hasil uji coba yang telah dilakukan dengan penyebaran angket maka dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa program CAL bahasa Jepang tingkat dasar ini dapat membantu orang dewasa khususnya karyawan, pengusaha dan mahasiswa dalam mempelajari bahasa Jepang tingkat dasar terutama dalam mempelajari huruf Jepang dan pengejaan bahasa Jepang. Dan saran yang dapat dilakukan untuk menyempurnakan tugas akhir ini adalah dengan memperluas batasan masalah misalnya diberi tambahan pengevaluasian pelafalan pemakai dan pengajaran untuk tingkat bisnis atau untuk tingkat umum.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatic
Depositing User: Karyono
Date Deposited: 18 Dec 2013 01:58
Last Modified: 18 Dec 2013 01:58
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/7031

Actions (login required)

View Item View Item