Analisis Perilaku Konsumen Untuk Merancang Strategi Pemasaran Pada Atlas Sport Club Di Surabaya

Oetomo, Johny (2001) Analisis Perilaku Konsumen Untuk Merancang Strategi Pemasaran Pada Atlas Sport Club Di Surabaya. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/136189

Abstract

Seiring dengan kemajuan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi menimbulkan kesadaran bagi kita akan pentingnya melakukan olahraga karena di dalam tubuh yang sehat akan terdapat jiwa yang sehat pula. Hal ini terbukti dengan semakin banyaknya didirikan klub olahraga yang menyediakan berbagai jenis fasilitas olahraga dalam satu tempat. Namun dengan semakin menjamurnya klub olahraga membuat semakin tajamnya persaingan di bidang ini, sehingga perusahaan perlu untuk merancang strategi untuk memenangkan persaingan ini dengan mengetahui lebih dalam mengenai perilaku konsumen yang dituju. Untuk itu dalam penelitian Tugas Akhir ini ingin mengevaluasi faktor-faktor demografi, mengevaluasi gaya hidup konsumen anggota Atlas, mengevaluasi kualitas layanan untuk memperbaiki dan merancang strategi pemasaran usulan dan segmentasinya untuk diterapkan oleh pihak manajemen Atlas. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan angket dan wawancara langsung dengan responden. Penyebaran angket dilakukan secara purposive sampling, yaitu angket disebarkan hanya kepada responden yang telah menjadi anggota Atlas. Metode analisis yang digunakan adalah analisa deskriptif untuk menggambarkan karakteristik konsumen secara umum. Selanjutnya menggunakan analisis pengelompokan responden berdasarkan faktor gaya hidup menurut PT. Surindo Utama yang terdiri dari delapan dimensi tipe manusia (affluent, achiever, loner, anxious, pusher, socialiti, attention seeker, pleasure seeker). Untuk mengetahui ketergantungan antar kelompok dengan variabel kualitatif dapat dilakukan dengan analisa crosstabs. Selain itu dilakukan analisis manova untuk mengetahui perbedaan rata-rata persepsi dan ekspektasi antar cluster dan uji Z untuk mengetahui perbedaan antara mean tingkat persepsi dengan tingkat ekspektasi. Dilakukan juga analisis gap 5 terhadap variabel-variabel dalam kelima dimensi service quality, selanjutnya menyusun analisa perbaikan dan merancang strategi pemasaran usulan berdasarkan data tersebut diatas. Dari hasil pengumpulan dan pengolahan data diperoleh 8 kelompok gaya hidup konsumen pelanggan Atlas, tetapi hanya dua kelompok mayoritas yang dipilih untuk diteliti lebih lanjut, karena kedua kelompok sudah mencakup 70.7% total responden maka dianggap sudah cukup mewakili pasar. Kedua kelompok gaya hidup tersebut adalah affluent (43 responden) dan achiever (63 responden). Ketergantungan kedua cluster tersebut dibedakan secara demografi melalui usia, pekerjaan, pengeluaran tiap bulan, tempat fitness selain Atlas, dan program latihan yang diikuti. Berdasarkan uji manova didapatkan perbedaan mean pada dimesi emphaty untuk tingkat ekspektasi konsumen cluster 1 dan cluster 2. Untuk gap 5, perbaikan dilakukan pada variabel-variabel yang terletak pada kuadran IV dan variabel tersebut adalah fasilitas parkir, kamar mandi bersih, locker aman, pelayanan administrasi cepat dan rapi, harga iuran terjangkau, keluhan pelanggan ditanggapi. Selanjutnya dirancang strategi pemasaran usulan berdasarkan 4-P untuk masing-masing kelompok konsumen.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 03 Jan 2014 03:54
Last Modified: 03 Jan 2014 03:54
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/7137

Actions (login required)

View Item View Item